Gara Gara Bayar Pakai Dolar

Terima Pembayaran Dolar, Pemilik Restoran Golden Prawn Batam Jadi tersangka

Ditreskrimsus Polda Kepri akhirnya menetapkan Tian Tjuang alias Hartono, pemilik restoran Golden Prawn 933, Bengkong Laut, Batam sebagai tersangka.

Terima Pembayaran Dolar, Pemilik Restoran Golden Prawn Batam Jadi tersangka
wikipedia
Ilustrasi dolar Singapura

Laporan Tribunnews Batam, Alvin Lamaberaf

TRIBUNNEWSBATAM.COM, BATAM- Ditreskrimsus Polda Kepri akhirnya menetapkan Tian Tjuang alias Hartono, pemilik restoran Golden Prawn 933, Bengkong Laut, Batam, sebagai tersangka.

Kasus bermula saat polisi mendapatkan warga negara asing makan di restoran tersebut dan membayarnya dengan menggunakan uang dolar Singapura pada Minggu (19/10/ 2014) di Restoran Golden Prawn 933.

"Kami dapat warga negara asing makan disana dan membayarnya dengan menggunakan uang jenis dollar Singapura," kata Dir Direskrimsus Polda Kepri Kombes Pol Syahardianto, Minggu (1/2 /2015).

Syahar mengatakan, saat polisi melihat transaksi tersebut, pihaknya langsung meminta keterangan dari kasir dan pelayan tersebut. Sedangkan para WNA tersebut sudah pergi dari restoran.

"Agar mudah interogasinya, petugas kami membawa kasir dan pelayan ke Mapolda Kepri," ujarnya.

Kata Syahar, saat ini Hartono dijerat dengan pasal 21 ayat 1 undang-undang nomor 7 tahun 2011 tentang mata uang. Selain itu, berkas perkara Tian Tjuang alias Hartono sudah dinyatakan lengkap (P21) dan pihaknya akan melakukan pengiriman berkas tahap II ke Kejaksaan Tinggi Provinsi Kepri.

"Dalam pasal tersebut disebutkan setiap transaksi harus menggunakan rupiah. Bagi yang melanggar, dipidana satu tahun serta denda Rp200 juta. Berkasnya sudah P21 dan kami tinggal melakukan tahap II untuk diserahkan ke Kejati Kepri, " ungkapnya.

Syahar menambahkan pengusaha yang menggunakan uang dolar sebagai transaksi pembayaran, tidak sesuai dengan undang-undang Bank Indonesia nomor 7 tahun 2011 tentang mata uang.

Tags
Batam
dolar
Editor: Sri Murni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved