Derita Nelayan Batam Korban Reklamasi

Jaraknya Dekat Pusat Pemerintahan Batam, Kampung Penembi bak Terisolasi

Meski masuk di kawasan Kelurahan Belian dan berjarak tidak jauh dari pusat pemerintahan Kota Batam, Kampung Penambi bak kampung terisolir.

Jaraknya Dekat Pusat Pemerintahan Batam, Kampung Penembi bak Terisolasi
tribunnews batam/dewi haryati
Sawaludin, nelayan di Kampung Belian, Batam Centre, berdiri di depan rumahnya saat hendak melaut, Minggu (1/2/2015). 

Laporan Tribunnews Batam, Dewi Haryati

TRIBUNNEWSBATAM.COM, BATAM- Kebakaran hutan di kawasan Batam Centre, Sabtu (31/1/2015) lalu, menarik rasa ingin tahu pewarta mendatangi Bukit Arang Kampung Penambi yang menjadi lokasi kebakaran.

Meski masuk di kawasan Kelurahan Belian dan berjarak tidak jauh dari pusat pemerintahan Kota Batam, Kampung Penambi bak kampung terisolir dan terpinggirkan.

Sangat kontras dengan pembangunan di sekitarnya. Padahal warga di sana tinggal di tengah-tengah Kota Batam.

Dahulunya jika akan ke 'kota' atau sekedar mengantar anak pergi ke sekolah, warga disana lebih banyak mengandalkan transportasi laut. Baru-baru ini saja seiring dengan reklamasi pantai dan adanya pembukaan jalan darat, warga beralih menggunakan sepeda motor untuk ke 'kota'.

Di kaki Bukit Arang Kampung Penambi yang terletak di RT 01 RW 06 Kampung Tua Belian, juga masih terdapat beberapa rumah panggung penduduk yang langsung berbatasan dengan laut. Tiang-tiang penyangga rumahnya terlihat tua dimakan waktu.

Kian hari keberadaan warga di sana semakin tergerus akibat pembangunan dan reklamasi pantai. Sementara untuk mendapatkan rumah yang layak, mereka tak memiliki uang. Bersyukur mereka masih bisa makan dan menyekolahkan anak.

Ada 10 kepala keluarga yang tinggal di kaki Bukit Arang Kampung Penambi. Selain Sawaludin, mertua, kakak iparnya juga tinggal di sana. Sehari-hari mereka menggantungkan hidup sebagai nelayan dan berkebun. Terkadang menjadi petani arang kayu bakau di sana.

Tags
Batam
Editor: Sri Murni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved