Public Service

Penderita Darah Tinggi Dilarang Naik Pesawat?

Bapak saya darah tingginya kambuh setibanya di bandara, setelah itu diminta untuk menunda keberkatan. Apakah demikian prosedurnya?

Penderita Darah Tinggi Dilarang Naik Pesawat?
tribunnews batam/alvin
Antrian panjang penumpang di Bandara Hang Nadim Batam, Selasa (10/2/2015). 

Pertanyaan:

Bapak Tidak Boleh Naik Pesawat

Selamat pagi Tribun Batam, bapak saya darah tingginya kambuh setibanya di bandara karena mendapat informasi menantunya kecelakaan. Setelah itu bapak diminta untuk menunda keberangkatannya naik pesawat. Apa demikian prosedurnya?
Pengirim: +6281372501xxx

Jawaban:

Darah Tinggi Dilarang Terbang

Terima kasih atas pertanyaan yang Anda diberikan. Seseorang yang mengidap penyakit tertentu harus memeriksakan kesehatannya sebelum menaiki pesawat. Salah satu penyakit yang cukup rentan dalam dunia penerbangan adalah darah tinggi atau hipertensi. Sebelum diobati dikhawatirkan pecah pembuluh darahnya selama berada pada ketinggian. Untuk itu, calon penumpang yang mengidap hipertensi harus diobati dulu.

Saran kami, sebaiknya calon penumpang yang ingin bepergian dengan pesawat agar memeriksakan dirinya. Pertama bisa mengecek ke puskesmas atau klinik yang dekat dengan tempat tinggal masing-masing. Apabila setibanya di bandara merasa tidak sehat, Anda diharapkan datang ke klinik kesehatan khusus bandara yang berlokasi di dalam bandara. Anda wajib berkonsultasi atas penyakit yang dideritanya. Demikian penjelasannya.

Suharyati, S.Kep
Flight Nurse Klinik Kesehatan Bandara Hang Nadim

Editor: Sri Murni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help