Public Service

Apakah Benar Ada Biaya untuk Penempatan TKI?

Apakah ada beda antara TKI formal dan informal? Apakah benar ada biaya untuk penempatan TKI?

Apakah Benar Ada Biaya untuk Penempatan TKI?
istimewa
Para TKI berfoto bersama di KBRI di Kuala Lumpur Malaysia usai diselamatkan dari sekapan gembong TKI asal Yordania, beberapa waktu lalu. 

Pertanyaan:

Biaya Penempatan TKI

Selamat siang Tribun Batam, apakah ada beda antara TKI formal dan informal? Apakah benar ada biaya untuk penempatan TKI? Saudara saya jadi TKI diminta biaya penempatan di negara tujuan, bagaimana ini? Terima kasih.
Pengirim: +62819062573xx

Jawaban:

Biaya Tergantung Perusahaan

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Perekrutan dan penempatan pekerja ke luar negeri secara umum ada dua jenis pekerjaan yang umumnya tersedia. Penempatan ini dibagi dua kategori, yakni informal dan formal. Tenaga Kerja Indonesia (TKI) informal, penempatannya secara per orangan atau individu. Kita sering mendengar model pekerja ini sebagai pembantu rumah tangga dan berbeda dengan TKI sektor formal.

Khusus TKI formal yang bekerja pada perusahaan atau industri. Untuk negara Arab misalnya, biaya penempatan TKI informal seperti wanita penatalaksana rumah tangga atau pembantu rumah tangga dibiayai sepenuhnya oleh majikan dan tanpa potong gaji. Sebelum pemberangkatan majikan juga memberikan fee. Hanya tiga negara Arab yang menjadi tujuan legal penempatannya, yakni UEA, Oman, dan Qatar.

Sedangkan TKI formal ke kawasan Arab dan Teluk, pembiayaan bermacam-macam. Dari yang semua ditanggung oleh perusahaan hingga yang membayar sekian juta. Khusus TKI formal, penempatan bisa dilakukan di hampir seluruh negara Arab. Kemudian mengenai pembiayaan penempatan itu tergantung kepada perusahaan Anda. Ada yang menggunakan sistem potong gaji dan pembayaran lunas dimuka. Demikian penjelasannya.

Humari Hidayat
Pusat Informasi & Publikasi PJTKI

Editor: Sri Murni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved