Public Service

Beli Obat Kuat tapi Tak Beraksi?

Bagaimana jika saya sudah membeli obat kuat namun tidak bereaksi setelah diminum? Apakah kurang dosisnya atau memang ada kelainan?

Beli Obat Kuat tapi Tak Beraksi?
twitter
Iklan Obat Kuat di Malaysia 

Pertanyaan:

Obat Kuat Tidak Bereaksi

Selamat siang Tribun Batam, bagaimana jika saya sudah membeli obat kuat namun tidak bereaksi setelah diminum? Apakah kurang dosisnya atau memang ada kelainan? Mohon penjelasannya dan terima kasih.
Pengirim: +62813720985xx

Jawaban:

Minum Sesuai Dosis/Aturan

Terima kasih atas pertanyaan yang disampaikan. Sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 284/MENKES/PER/III/2007 sudah diatur mekanisme penjualan obat-obatan. Dalam hal ini, apotek merupakan sarana kesehatan tempat dilaksanakannya pelayanan kefarmasian di mana dilakukan penyerahan obat dan perbekalan kesehatan.

Dalam peraturan perundangan sudah diatur bahwa setiap orang atau badan usaha bisa mendirikan apotek. Di sini, apotek harus memiliki izin yang dikeluarkan oleh Kepala Dinas Kesehatan kabupaten atau kota setempat. Termasuk pedagang eceran obat dapat merubah statusnya menjadi apotek sepanjang memenuhi ketentuan sebagaimana diatur dalam peraturan perundangan yang berlaku.

Obat kuat seperti yang Anda tanyakan harus diberikan dengan resep atau sesuai pengawasan dokter. Tidak boleh sembarangan mengonsumsinya. Sebab jika salah takaran (dosis) dapat mengakibatkan kematian bagi yang meminumnya. Untuk itu, disarankan membeli obat di tempat yang memiliki izin. Sehingga terjamin kualitas, mutu, dan keamanannya. Demikian penjelasannya.

drg. Chandra Rizal, M.Si
Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam

Editor: Sri Murni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved