Public Service

Apakah Boleh Bayi Diberikan Makanan Padat Orang Dewasa?

Apakah boleh bayi diberikan makanan padat seperti orang dewasa?

Apakah Boleh Bayi Diberikan Makanan Padat Orang Dewasa?
foto/kompas.com
Ilustrasi bayi

Pertanyaan:

Makanan Padat Bayi

Selamat pagi Tribun Batam, kami memiliki anak berusia lima bulan. Selama ini, setiap kami sedang makan, anak kami rasanya ingin makan apa yang dimakan orang dewasa. Apakah boleh bayi diberikan makanan padat seperti orang dewasa?
Pengirim: +628136451xxxx

Jawaban:

Usia Enam Bulan

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Sebagian besar Ikatan Dokter Anak di seluruh dunia merekomendasikan pemberian Air Susu Ibu (ASI) eksklusif sampai dengan usia anak enam bulan. Bagaimanapun, kebanyakan bayi akan baik-baik saja dengan pemberian ASI eksklusif hingga usia enam bulan atau bahkan sedikit lebih lama. Sebaiknya Anda mulai memberikan makanan padat saat bayi menunjukkan tanda-tanda siap untuk makanan makanan padat, bukan berdasarkan kalender.

Mengapa memberikan makanan padat? Akan tiba masanya ASI tidak dapat lagi memasok semua kebutuhan gizi bayi. Ini bukan berarti bahwa tidak ada nilai gizi dalam ASI setelah bayi berusia enam bulan sebagaimana pendapat orang-orang awam. Bayi cukup bulan akan mulai membutuhkan zat besi dari sumber lain pada usia 6 sampai 9 bulan. Beberapa bayi usia 8 sampai 9 bulan mungkin tidak lagi mendapat kalori cukup dari ASI, meskipun ada juga yang dapat terus tumbuh dengan baik hanya dengan ASI hingga usia satu tahun.

Apabila bayi telah menunjukkan kesiapannya, tidak ada alasan untuk menunda pengenalan makanan padat. Waktu terbaik untuk memulai makanan padat adalah ketika bayi menunjukkan minatnya. Beberapa bayi sangat tertarik dengan makanan orangtua mereka sejak usia empat bulan. Pada usia lima atau enam bulan kebanyakan bayi akan meraih dan mencoba mengambil makanan di piring orangtua mereka. Pada saat bayi mulai meraih, mengambil, dan mencoba memasukkan makanan ke dalam mulutnya.

Bayi ASI akan mencerna makanan padat lebih cepat dibanding bayi yang diberi makanan buatan. Sebab ASI mengandung enzim yang membantu mencerna lemak, protein, dan pati. Bayi ASI mencecap bermacam rasa dalam kehidupan mereka melalui ASI, sebab rasa aneka makanan yang ibu konsumsi masuk dalam ASI. Dengan demikian bayi yang mendapat ASI lebih mudah menerima makanan. Untuk makanan pendamping ASI diberikan saat usia enam bulan, yakni bubur campur susu atau bubur putih. Demikian penjelasannya.

dr. Tresia Maria, Sp.A
Dokter Spesialis Anak RS St. Elisabeth Batam

Tags
Bayi
Editor: Sri Murni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved