Public Service

Bagaimana Prosedur Pengangkatan Dosen Menjadi Guru Besar?

Bagaimana prosedur pengangkatan dosen menjadi seorang profesor atau guru besar?

Pertanyaan:

Ingin Menjadi Guru Besar

Selamat sore Tribun Batam, bagaimana prosedur pengangkatan dosen menjadi seorang profesor atau guru besar? Saya sudah lama jadi dosen dan ingin menjadi guru besar, apakah bisa? Terima kasih.
Pengirim: +628137123xxxx

Jawaban:

Diajukan Ke Menteri Pendidikan

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Jabatan guru besar atau profesor terdiri atas guru besar dan guru besar madya. Jenjang jabatan fungsional akademik ini merupakan jabatan tertinggi dari seorang dosen di perguruan tinggi. Jabatan guru besar dapat dimiliki oleh dosen biasa dan oleh dosen luar biasa.

Oleh karena itu berdasarkan tugas utamanya ada guru besar yang mengemban tugas sebagai dosen biasa dan guru besar yang mengemban tugas sebagai dosen luar biasa. Dengan demikian tidak ada istilah guru besar luar biasa. Yang ada guru besar sebagai dosen biasa dan guru besar sebagai dosen luar biasa. Termasuk dosen, ia pekerja berdasarkan pendidikan.

Prosedur pengajuan usulan untuk diangkat menjadi guru besar madya adalah mengajukan usulannya yang disampaikan oleh rektor atau ketua perguruan tinggi kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sedangkan swasta diusulkan melalui koordinator kopertis dan pengangkatan harus memenuhi persyaratan angka kredit. Demikian penjelasannya.

Prof. DR. H. Moeljadi Pudjosumarto, SE, SU, M.Sc, M.Si
Guru Besar Bidang Ilmu Ekonomi Unibraw

Editor: Sri Murni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help