Public Service

Bagaimana Aturan Jika Karyawan Training Ingin Undurkan Diri?

Apabila karyawan masih training di salah satu perusahaan berniat mengundurkan diri, secara undang-undang apakah dilarang?

Bagaimana Aturan Jika Karyawan Training Ingin Undurkan Diri?
Tribunnewsbatam.com/net
Ilustrasi Suasana Pekerjaan yang dilakukan Sejumlah Buruh Industri 

Pertanyaan:

Berhenti Kerja Selama Training

Selamat sore Tribun Batam, apabila karyawan masih training di salah satu perusahaan berniat mengundurkan diri, apakah ada UU yang menjelaskan larangan berhenti pada masa training? Saat ini yang bersangkutan belum menandatangani kontrak kerja, apakah yang bersangkutan bisa digugat perusahaan untuk mengganti rugi? Terima kasih.
Pengirim: +628192221xxx

Jawab:

Training Kebijakan Perusahaan

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Berhenti kerja selama masa training (uji coba) disesuaikan dengan peraturan perusahaan. Hal biasanya mengacu kepada kontrak yang dibuat antara perusahaan dengan karyawan yang bersangkutan apabila yang bersangkutan mengikuti training atas biaya perusahaan. Seandainya tidak dibuatkan kontraknya, permasalah ini bisa ditinjau dari peraturan perusahaan tentang pemberian fasilitas training oleh perusahaan.

Apabla tidak ada pasal tersebut dalam peraturan perusahaan, maka pendekatan penyelesaiannya adalah dengan cara kekeluargaan. Artinya, kedua belah pihak berunding untuk mencari penyelesaiannya agar masing-masing pihak tidak ada yang dirugikan. Biasanya, pihak perusahaan mengimbau pengertian karyawan agar tidak mengundurkan diri dulu sampai karyawan tersebut selesai mengikuti training. Demikian penjelasannya.

Jumardi, SH
Kabid Pengawasan Ketenagakerjaan Disnaker Batam

Editor: Sri Murni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved