Public Service

Jika Karyawan Training Kecelakaan, Apakah Dapat Santunan Perusahaan?

Apakah jika karyawan baru training mengalami kecelakaan diberikan santunan oleh perusahaan?

Jika Karyawan Training Kecelakaan, Apakah Dapat Santunan Perusahaan?
tribunnews batam/zabur A
Ilustrasi kecelakaan 

Pertanyaan:

Karyawan Mengalami Kecelakaan

Selamat sore Tribun Batam, apakah jika karyawan baru training mengalami kecelakaan diberikan santunan oleh perusahaan? Mohon penjelasannya jika ada perusahaan yang tidak bersedia membantu biaya kecelakaan karyawannya? Mohon ditindaklanjuti?
Pengirim: +62852727712xx

Jawaban:

Pengusaha Wajib Santuni Karyawan

Terima kasih atas pertanyaan yang diberikan. Setiap tenaga kerja memiliki perlakuan yang di hadapan perusahaan. Perlakuan ini tidak melihat apakah karyawan tersebut termasuk tetap (permanen) atau karyawan tidak tetap (non permanen) di perusahaan. Hal ini sebagaimana ditegaskan dalam UU Nomor 3 tahun 1992 tentang Jaminan Kecelakaan Kerja. Setiap tenaga kerja mendapat jaminan atau santunan dari perusahaan dari tempatnya bekerja.

Untuk besarnya santunan perlu dilihat dulu dari jenis kecelakaannya. Setelah mendapatkan perawatan, biaya-biaya perawatan yang akan dihitung sesuai besaran santunanmya. Setiap kecelakaan kerja, karyawan berhak menerima Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) sebagaimana diatur pasal 8 ayat 1 UU Nomor 3 tahun 1992 tentang Jaminan Sosial Tenaga Kerja. Sehingga setiap perusahaan atau per orangan wajib memberikan jaminan dan santunan.

Jumardi, SH
Kabid Pengawasan Ketenagakerjaan Disnaker Batam

Editor: Sri Murni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved