Public Service

Apakah Hukumnya Bagi Suami yang Tinggalkan Istri dan Anak?

Jika suami meninggalkan anak dan lepas tangan begitu saja, apakah dosa dan apa hukum buat suami tersebut?

Apakah Hukumnya Bagi Suami yang Tinggalkan Istri dan Anak?
TRIBUNNEWS BATAM/NET
Ilustrasi

Pertanyaan:

Suami Tinggalkan Anak dan Istri

Selamat siang Tribun Batam, nama saya Lia mau nanya suami meninggalkan anak dan lepas tangan begitu, apakah dosa dan apa hukum buat suami tersebut? Apakah bisa dituntut untuk nafkah anak hak anak? Tidak ada mantan anak kan, tapi yang ada mantan istri dan lelaki suka-sukanya tinggalin istri dan anaknya, nyari istri baru alasannya masih lajang. Mohon penjelasannya?
Pengirim: +62812681100xx

Jawaban:

Tidak Menafkahi, Dosa Besar

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Kewajiban suami untuk memberikan nafkah lahir dan batin kepada istri dan anak-anaknya. Sedangkan istri mempunyai kewajiban untuk taat kepada suami. Dalam Alquran surat Al Baqarah 233 ditegaskan dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara baik. Nabi Muhamad bersabda kewajiban kalian (suami) atas mereka (istri) memberikan makanan dan pakaian dengan baik.

Jika suami dengan sengaja menelantarkan dan menzalimi istri dan anaknya dengan tidak memberikan nafkah, hal itu adalah kesalahan dan berdosa karena telah melalaikan kewajibannya sebagai seorang suami dan ayah bagi anak-anaknya. Si istri dapat menuntut hak-haknya, jika nafkah tersebut tidak dapat dipenuhi dan diberikan oleh suami maka istri pun dapat menuntutnya dengan mengajukan gugatan ke Pengadilan Agama (PA).

Apabila mantan suami bukanlah PNS/Anggota TNI/Polri, berdasarkan Penjelasan Pasal 49 UU Nomor 3 tahun 2006 jo. UU Nomor 7 Tahun 1989 tentang Peradilan Agama, Anda bisa mengajukan gugatan atas tidak dipenuhinya tunjangan anak ke Pengadilan Agama (PA) di mana Anda bertempat tinggal. Untuk itu, saran dan nasihat kami, apabila suami melakukan tindakan seperti itu bisa digugat melalui Pengadilan Agama (PA). Demikian penjelasannya.

Muhammad Santoso, SE
Sekretaris Majelis Ulama Indonesia Batam

Editor: Sri Murni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help