Public Service

Bagaimana Mendaftar BPJS bagi Non-Pegawai

Mohon penjelasan mengenai cara pendaftaran BPJS bagi pekerja penerima upah non pegawai pemerintah?

Bagaimana Mendaftar BPJS bagi Non-Pegawai
TRIBUN Batam/Septyan Mulia Rohman
Warga yang tengah menyelesaikan proses administrasi untuk masuk pada layanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kamis (12/2/2015). 

Pertanyaan:

Daftar BPJS Non Pegawai

Selamat malam Tribun Batam, mohon penjelasan mengenai cara pendaftaran BPJS bagi pekerja penerima upah non pegawai pemerintah? Terima kasih.
Pengirim: +62812703294xx

Jawaban:

Langsung ke Kantor BPJS

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) nasional terbagi menjadi dua. Yakni kelompok peserta baru dan pengalihan dari program terdahulu, yaitu asuransi kesehatan, jaminan kesehatan masyarakat, atau Jamsostek. Kepesertaan BPJS Kesehatan mengacu pada Peraturan Presiden Nomor 12/2013 tentang Jaminan Kesehatan, terdiri atas dua kelompok, yaitu peserta penerima bantuan iuran (PBI) dan peserta bukan PBI.

Peserta PBI yakni orang yang tergolong fakir atau miskin atau tidak mampu yang preminya akan dibayarkan pemerintah. Sedangkan yang tergolong bukan PBI, yaitu pekerja penerima upah (Pegawai Negeri Sipil, anggota TNI/Polri, pejabat negara, pegawai pemerintah non pegawai negeri, dan pegawai swasta), pekerja bukan penerima upah dan bukan pekerja (investor, pemberi kerja, pensiunan, veteran, janda veteran, dan anak veteran).

Dua kelompok selain kelompok pengalihan dan PBI memiliki prosedur pendaftaran masing-masing. Untuk pendaftaran pekerja penerima upah non pegawai pemerintah, prosedur secara umum antara lain;

a. Perusahaan mendaftar ke BPJS Kesehatan
b. BPJS Kesehatan melakukan proses registrasi kepesertaan dan memberikan informasi tentang virtual account untuk perusahaan (di mana satu virtual account berlaku untuk satu perusahaan)
c. Perusahaan membayar ke bank dengan virtual account yang sudah diberikan BPJS Kesehatan
d. Perusahaan mengkonfirmasikan pembayaran ke BPJS Kesehatan
e. BPJS Kesehatan memberikan kartu BPJS Kesehatan kepada perusahaan

Berikut tata cara pendataran pekerja bukan penerima upah dan bukan pekerja;

a. Calon peserta melakukan pendaftaran ke BPJS Kesehatan dengan mengisi formulir daftar isian peserta dan menunjukkan kartu identitas (KTP, SIM, KK atau paspor)
b. BPJS Kesehatan memberikan informasi tentang virtual account calon peserta. Virtual account berlaku untuk masing-masing individu calon peserta. Kemudian calon peserta melakukan pembayaran ke bank dengan virtual account yang sudah diberikan BPJS Kesehatan
c. Peserta melakukan konfirmasi pembayaran iuran pertama ke BPJS Kesehatan
d. BPJS Kesehatan memberikan kartu BPJS Kesehatan kepada peserta

drg. Chandra Rizal, M.Si
Kepala Dinas Kesehatan Batam

Editor: Sri Murni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help