Public Service

Bolehkan Nama di KTP Ditambahi Raden Ayu?

Bolehkah nama di KTP ditambahi gelar Raden Ayu?

Bolehkan Nama di KTP Ditambahi Raden Ayu?
kompas.com
Ilustrasi e-KTP. 

Pertanyaan:

Tambah Raden Ayu di KTP

Selamat pagi Tribun Batam, boleh apa tidak nama di KTP ditambahi gelar Raden Ayu? Apa saja syarat yang dibutuhkan? Mohon penjelasannya?
Pengirim: +62852645741xx

Jawaban:

Penamaan Sesuai Akta Lahir

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Pencantuman nama dengan gelar pendidikan atau marga sejak lama menjadi pesoalan. Kementerian Dalam Negeri pernah mengeluarkan Surat Menteri Dalam Negeri Nomor: Akta 474.1/1580/SJ tahun 2003 Perihal Pencantuman Nama Keluarga Dalam Pencatatan Kelahiran. Pencantuman nama keluarga atau marga atau keturunan atau gelar di belakang nama dapat dipergunakan apabila ada yang meminta.

Hanya saja dengan persyaratan bahwa pencantuman nama keluarga atau marga atau keturunan tersebut dilakukan melalui pembuktian hukum keturunan. Namun demikian, penambahan nama marga atau gelar akan menimbulkan pertanyaan. Apakah penambahan nama harus dicantumkan di semua dokumen kependudukan? Mulai dari akta kelahiran, Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), paspor, dan dokumen kependudukan lainnya atau tidak?

Dalam UU Administrasi Kependudukan Nomor 23 tahun 2006 dijelaskan persyaratan Pembuatan Kartu Tanda Penduduk antara lain menyertakan; surat pengantar dari Ketua RT/RW, salinan Kartu Keluarga (KK), pasfoto terbaru berukuran 2 x 3 cm sejumlah tiga lembar, salinan Akta Kelahiran, SKPPT bagi warga negara asing, dan bukti pembayaran keterlambatan pembuatan KTP apabila pemohon terlambat membuat atau memperpanjang KTP.

Dari persyaratan ini, penerbitan KTP mengacu pada Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga. Sehingga dalam pembuatan dokumen kependudukan, baik Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP), atau akta catatan sipil lainnya tidak boleh menyimpang dari identitas yang tertulis dalam Akta Kelahiran. Artinya, jika dalam Akta Kelahiran tidak dicantumkan marga atau gelar maka dalam dokumen kependudukan tidak perlu dicantumkan marga atau gelar.

Jika ingin dicantumkan nama marga pada akta kelahiran dan seluruh dokumen kependudukan, sesuai pasal 52 UU Adminduk, penggantian atau perubahan nama harus ada penetapan dari pengadilan negeri. Apabila nama marga atau gelar tidak tercantum dalam Akta Kelahiran, sebaiknya tidak perlu mencantumkan marga atau gelar dalam dokumen kependudukan lainnya agar tidak terjadi masalah di kemudian hari. Demikian penjelasannya.

Umiyati, SE
Camat Bengkong Kota Batam

Editor: Sri Murni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved