Bagaimana Prosedur Izin Renovasi Rumah?

Kegiatan renovasi rumah merupakan salah satu kegiatan pembangunan yang harus mendapatkan IMB.

Bagaimana Prosedur Izin Renovasi Rumah?
Tribunnewsbatam.com/Rio H. Batubara
Ilustrasi Rumah

Pertanyaan:

Izin Renovasi Rumah Ke Mana

Selamat siang Tribun Batam, apakah saya harus meminta izin untuk membangun ruko di tepi jalan untuk usaha perdagangan ban mobil dan motor? Kemudian merenovasi rumah orangtua di Sungai Panas bagaimana izinnya? Terima kasih.
Pengirim: +6281272670xxx

Jawaban:

Bangun Rumah Harus Berizin

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Setiap bangunan harus memliki persyaratan administratif sesuai dengan fungsi bangunan gedung. Adapun persyaratan administratif ini salah satunya adalah Izin Mendirikan Bangunan (IMB), sesuai dengan pasal 7 ayat 2 UU Nomor 28 Tahun 2002 tentang Bangunan Gedung. Kegiatan renovasi rumah merupakan salah satu kegiatan pembangunan yang harus mendapatkan IMB.

Sebagaimana pasal 1 angka 5 Permendagri Nomor 32/2010 dijelaskan Izin mendirikan bangunan, yang selanjutnya disingkat IMB, adalah perizinan yang diberikan oleh pemerintah daerah kepada pemohon. Teruntuk membangun baru, rehabilitasi atau renovasi, atau memugar dalam rangka melestarikan bangunan sesuai dengan persyaratan administratif dan persyaratan teknis yang berlaku. Demikian penjelasannya.

Amsakar Achmad,S.Sos, M.Si
Kadis Perindag dan ESDM Batam

Tags
IMB
Editor: Rio Batubara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help