Wow, Polisi Tiongkok Ini Temukan 700 Anak Hilang Lewat Weibo

Siapa yang menyangka, cara Qin membuat dan mengelola akun di Weibo sejak 2012 untuk menemukan anak hilang terbukti ampuh

Wow, Polisi Tiongkok Ini Temukan 700 Anak Hilang Lewat Weibo
Net
Qin Yongming seorang polisi di Sihong, provinsi Jiangsu, Tiongkok, berhasil mengembalikan 700 anak hilang kembali ke rumahnya dalam tiga tahun terakhir. 

TRIBUNNEWSBATAM.COM – Qin Yongming harum namanya dalam sepekan terakhir. Petugas kepolisian di Sihong, provinsi Jiangsu, Tiongkok itu mendadak tenar setelah berhasil menemukan 700 anak hilang lebih dalam tiga tahun terakhir.

Siapa yang menyangka, cara Qin membuat dan mengelola akun di Weibo sejak 2012 untuk menemukan anak hilang terbukti ampuh. Setiap harinya ia membuat pemberitahuan anak hilang lewat akun Weibo-nya. Setidaknya, ia telah memposting update anak hilang lebih dari 1000 kali. Rupanya, Qin terbantu oleh 360 ribu pengikutnya.

Dilansir Shanghaiist dari Sina News, Minggu (15/3/2015), setidaknya 90 persen pemberitahuan anak hilang yang ia laporkan, telah kembali ke rumahnya. Qin juga berhasil menyelamatkan 57 orang yang bermaksud bunuh diri setelah berkomunikasi lewat Weibo.

"Sebagai seorang polisi, saya merasa menyesal telah melihat begitu banyak keluarga berantakan karena anggota keluarga mereka hilang setiap tahunnya," ujar Qin. "Kekuatan internet menakjubkan. Semakin banyak memposting ulang pemberitahuan, semakin mudah kita menemukan orang yang hilang."

Menyusul keberhasilan Qin, semakin banyak orang di dunia maya membantu pencarian orang hilang. Sejauh ini lebih dari 2.600 netizens telah bergabung dengan grup Weibo dan secara teratur memposting ulang pemberitahuan yang diposting Qin. Menurut rekan-rekannya, setiap kali Qin memiliki waktu luang, dia selalu berusaha merekrut relawan.

Tags
anak
Editor: Rio Batubara
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help