Apakah Boleh Membangun Rumah Tanpa IMB?

Bangunan yang tidak sesuai dengan peruntukan permohonan IMB bisa ditolak dan jika berdiri tanpa IMB akan dilakukan pembongkaran

Apakah Boleh Membangun Rumah Tanpa IMB?
Tribunnewsbatam.com/Muhamad Munirul Ikhwan
Ir Dwi Djoko Wiwoho, Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan Humas BP Batam

Pertanyaan

Hunian Liar Berdiri di Tepi Jalan

Selamat siang Tribun Batam, bagaimana hukumnya jika mendirikan rumah tinggal tanpa IMB di tepi jalan raya apa boleh? Terima kasih.
Pengirim: +6285682968xx

Jawaban:

Tanpa Izin, Bangunan Dibongkar

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Kawasan permukiman merupakan bagian dari lingkungan hidup di luar kawasan lindung. Yakni berupa wilayah perkotaan yang berfungsi sebagai lingkungan tempat tinggal atau lingkungan hunian atau tempat kegiatan mendukung penghidupan. Berdasarkan hal ini dapat disimpulkan bahwa pembangunan rumah tempat tinggal atau hunian termasuk dalam kawasan peruntukan permukiman.

Pasal 7 Undang-undang Nomor 28 tahun 2002 tentang Bangunan Gedung mengatur setiap bangunan atau gedung harus memenuhi persyaratan administratif dan persyaratan teknis. Salah satu persyaratan administratif bangunan adalah memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Pembangunan gedung bisa dilaksanakan setelah rencana teknis bangunan gedung disetujui oleh Pemerintah Kota atau Daerah melalui penerbitan IMB.

Setiap pendirian bangunan harus memiliki IMB yang diterbitkan sesuai dengan peruntukan yang telah ditetapkan atas lokasinya. Termasuk peruntukan kawasan pelayanan umum (fasum) juga tidak ditujukan untuk pendirian bangunan rumah tinggal. Sehingga, apabila bangunan yang akan dibangun tidak sesuai dengan peruntukan yang ditetapkan, permohonan IMB bisa ditolak dan jika ada bangunan yang sudah berdiri tanpa IMB akan dilakukan pembongkaran. Demikian.

Dwi Joko Wiwoho, SE, M.Si
Direktur Humas dan PTSP BP Batam

Tags
IMB
Editor: Rio Batubara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help