Kabar Gembira! Uang Makan PNS Naik Jadi Rp 36 Ribu Per Harinya

Kabar gembira bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS),karena pemerintah pusat menaikkan uang makan dan lembur PNS sebesar Rp 5.000 hingga Rp 7.000 per hari.

Kabar Gembira! Uang Makan PNS Naik Jadi Rp 36 Ribu Per Harinya
Tribunnews batam/anne maria
Pengambilan sumpah dan janji 92 tenaga honorer Pemko Batam menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lantai 4 Gedung Wali Kota, Senin (29/12) pagi. 

Laporan Tribunnews Batam, Dewi Haryati

TRIBUNNEWSBATAM.COM, BATAM- Kabar gembira bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Pemerintah Kota Batam. Pemerintah pusat menaikkan uang makan dan lembur PNS sebesar Rp 5.000 hingga Rp 7.000 per harinya.

Untuk PNS golongan I dan II, satuan biaya uang makan, lembur anggaran 2015, naik Rp 5.000. Dari sebelumnya Rp 25 ribu menjadi Rp 30 ribu. Begitu juga untuk golongan III, naik dari Rp 27 ribu menjadi Rp 32 ribu. Sedangkan golongan IV naik sebesar Rp 7.000. Dari Rp 29 ribu menjadi Rp 36 ribu.

Ketentuan itu sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan : Nomor 57/PMK.02/2015 tentang Standar Biaya Masukan Tahun Anggaran 2015 yang ditandatangani Menteri Keuangan Bambang PS Brodjonegoro, 18 Maret 2015.

Wali Kota Batam Ahmad Dahlan yang dimintai tanggapannya terkait kebijakan ini mengatakan, Pemko Batam siap menjalankan perintah itu. Hanya saja sampai saat ini Pemko Batam belum menerima perintah tertulis dari pusat.

"Kalau masalah moneter inikan kebijakannya tetap di pusat. Bisa kami lakukan pelaksanaannya, kalau ada perintah dari pusat," ucap Dahlan kemarin di Batam Centre.

"Kalau layak, akan kami laksanakan, tapi suratnya belum sampai ke kami," sambungnya.

Lebih jauh, Dahlan mengatakan, kenaikan uang makan dan upah lembur itu juga secara langsung berimbas pada kenaikan APBD Kota Batam.

"Siapa sih yang tidak senang uang makan dan lembur dinaikkan, tapi yaitu pasti APBD juga naik. Kalau dinaikkan, tentu ada perencanaan anggarannya terlebih dahulu," ucap Dahlan tertawa kecil.

Jika jumlah PNS di Batam sekitar 5.000 orang, paling tidak Pemko Batam harus menyiapkan anggaran sedikitnya Rp 150 juta, untuk uang makan dan upah lembur pegawai tahun ini. Tentunya hal itu juga harus diimbangi dengan peningkatan disiplin pegawai.

Dalam pelantikan pejabat esselon III dan IV, serta lurah kemarin, Dahlan tetap mewanti-wanti peningkatan displin serta kualitas kerja pegawainya.

"Bekerjalah dengan baik, dan yang terpenting juga disiplin," katanya.

Editor: Sri Murni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help