Bagaimana Prosedur Balik Nama STNK dan BPKB?

Masyarakat yang ingin memutasi STNK atau BPKB dapat mengurus dengan menyertakan persyaratan khusus

Bagaimana Prosedur Balik Nama STNK dan BPKB?
Tribunnews.com
Ilustrasi BPKB 

Pertanyaan:

Balik Nama STNK/BPKB Kendaraan

Selamat malam Tribun Batam, jika kendaraan sudah berpindah ke orang lain apakah bisa diubah nama di BPKB dan STNK? Mohon penjelasannya?
Pengirim: +62813727709xx

Jawaban:

Sertakan Kwitansi Bukti Pembelian

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Buku Pemilik Kendaraan Bermotor atau BPKB merupakan buku yang dikeluarkan atau diterbitkan oleh Satuan Lalu Lintas Polri sebagai bukti kepemilikan kendaraan bermotor. Bersamaan dengan pendaftaran BPKB diberikan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKP).

BPKB bisa disamakan dengan certificate of ownership yang disempurnakan dan termasuk dokumen sangat penting. BPKB dapat dijadikan sebagai jaminan dalam pinjam-meminjam berdasarkan ketentuan. Pengertian balik nama STNK dan BPKB adalah alih kepemilikan dari pemilik pertama kepada pemilik kedua atau seterusnya dari dasar jual beli atau hibah.

Setelah selesai proses balik nama, nama pemilik di STNK dan BPKB akan berubah sesuai kepemilikan yang sah. Namun demikian, nomor polisi (nopol) tidak berubah kecuali apabila pindah keluar daerah atau provinsi. Tempat pengurusan balik nama kendaraan bermotor di kantor Polda Kepri dan Samsat.

Mengapa kendaraan harus diubah sesuai nama pemiliknya? Alasannya untuk melindungi masyarakat, selain itu untuk mendeteksi dan menentukan langkah selanjutnya di kepolisian, serta untuk meningkatkan penerimaan negara melalui sektor pajak. Masyarakat yang ingin memutasi STNK atau BPKB dapat mengurus dengan menyertakan persyaratan khusus;

a. Kartu Tanda Penduduk (untuk per orangan dan yang diwakilkan)
b. Salinan akta pendirian atau surat keterangan domisili (untuk badan hukum)
c. Surat pelepasan hak bila pemilik sebelumnya berbadan hukum
d. Fotokopi dan asli STNK dan BPKB
e. Fotokopi KTP pemilik kendaraan lama
f. Akta perjanjian asli jual-beli bermaterai
g. Kwitansi Pembelian bermaterai
h. Cek fisik kendaraan di Polda Kepri

AKP Sarbini, S.Ik
Kaur STNK Ditlantas Polda Kepri

Tags
BPKB
Editor: Rio Batubara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help