Public Service

Apakah Anak-Anak Harus Bayar Iuran BPJS ?

Saya punya anak dua orang apakah anak-anak juga ikut bayar iuran atau orang tuanya saja.

Apakah Anak-Anak Harus Bayar Iuran BPJS ?
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Salah seorang warga memperlihatkan kartu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) di Kantor Cabang Utama BPJS, Kota Bandung beberapa waktu lalu. 

Pertanyaan

Selamat pagi Tribun Batam Bagaimana cara daftar BPJS Mandiri, saya punya anak dua orang apakah anak-anak juga ikut bayar iuran atau orang tuanya saja.

pengirim 087894473xxx

Jawaban

Terimakasih atas pertanyaan yang disampaikan, untuk bisa menjadi anggota Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan caranya cukup mudah, untuk pendaftaran pertama cukup datang ke kantor BPJS Kesehatan Batam di Jalan Gurindam Batam Centre (samping gedung Graha Pena), dan mempersiapkan beberapa peryaratan sebagai berikut:

* KK (kartu keluarga), Semua yang ada tertera di kartu keluarga bisa mengikuti BPJS
* KTP (kartu tanda penduduk) atau KTP orang tua untuk pendaftaran BPJS Anak yang masih belaku
* Kartu NPWP
* Alamat Email dan No HP
* Nomor Rekening Penanggung yang digunakan untuk pembayaran Iuran bisa menggunakan bank Mandiri, BNI dan BRI.

Langkah selanjutnya adalah, calon peserta melakukan pendaftaran ke BPJS Kesehatan dengan mengisi formulir daftar isian peserta dan menunjukkan kartu identitas (KTP atau SIM atau KK atau paspor). Selanjutnya BPJS Kesehatan memberikan informasi tentang virtual account calon peserta. Virtual account berlaku untuk masing-masing individu calon peserta, setelah tujuh hari dari hari pembayaran kartu BPJS akan aktif.

Kemudian, calon peserta melakukan pembayaran ke bank dengan virtual account yang sudah diberikan BPJS Kesehatan. Langkah selanjutnya peserta melakukan konfirmasi pembayaran iuran pertama ke BPJS Kesehatan dan BPJS Kesehatan memberikan kartu BPJS Kesehatan kepada peserta.

Lalu untuk premi atau iuran yang harus dibayarkan adalah sebagi berikut. Bagi pekerja, pegawai atau penerimah upah, jumlah premi adalah 4,5 persen dari total gaji. yang bisa mencakupi satu keluarga yakni kedua orang tua, dan anak maksimal tiga orang anak.

Iuran bagi pekerja informal sebesar Rp 25.500 per bulan untuk satu jiwa untuk mendapatkan layanan rawat inap kelas III, Rp 42.500 untuk kelas II, dan Rp 59.500 untuk kelas I.

Sedangkan batasan Anak-anak yang ikut kedalam BPJS orang tua dimulai dari anak-anak hingga berusia 21 tahun, serta anak usia 21 tahun keatas atau tidak kuliah masuk kedalam perorangan. Demikian penjelasannya.

Fahrurozi SSi, Apt, AAK,

Kepala BPJS Kesehatan Kota Batam.

Editor: Sri Murni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved