Keberadaan Anjing Liar Bikin Resah Tiga Kades Anambas

Total ada tiga Kepala Desa yang mengeluhkan keberadaan anjing liar ini

Keberadaan Anjing Liar Bikin Resah Tiga Kades Anambas
Tribunnews.com
Ilustrasi anjing liar 

Laporan Tribunnews Batam, Septyan Mulia Rohman

TRIBUNNEWSBATAM.COM, ANAMBAS - Sejumlah Kepala Desa di Kabupaten Kepulauan Anambas mengeluhkan keberadaan anjing liar. Keluhan ini mereka sampaikan kepada Dinas Pertanian dan Kehutanan (Distanhut) Kabupaten Kepulauan Anambas.

"Memang ada laporan ke kami (Distanhut,red). Total ada tiga Kepala Desa yang mengeluhkan keberadaan anjing liar ini. Masing-masing wilayah Rintis khususnya di pesantren, Antang Kecamatan Siantan, serta Desa Tebang Kecamatan Palmatak," ujar Catharina Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan (Distanhut) Kabupaten Kepulauan Anambas Senin (20/4/2015) siang.

Penindakan terkait keberadaan anjing liar ini diakui Catharina biasa dilakukan pihak Distanhut. Kendati demikian, langkah yang diambil ini perlu mendapat dukungan masyarakat terlebih dengan kondisi keuangan daerah yang tengah defisit.

"Kegiatan pemberantasan anjing liar ini rutin tiap tahunnya seperti di Antang Desa Tarempa Timur itu. Dari kami siap memfasilitasi," ungkapnya.

Keberadaan anjing liar ini mulai mengusik warga yang bertempat tinggal di Anambas.Anjing liar ini, tidak jarang memangsa hewan ternak milik warga.

Data Distanhut pada tahun 2012 menyebut, pihaknya memusnahkan 122 ekor anjing liar di Kecamatan Siantan. Tak hanya Kecamatan Siantan, dua pulau besar lainnya seperti Palmatak dan Jemaja juga menjadi prioritas kegiatan pemberantasan anjing liar ini.

Sebanyak 271 anjing liar berhasil dimusnahkan di wilayah Jemaja serta 249 ekor di Kecamatan Palmatak. Pemusnahan anjing liar ini pun dilakukan dengan pemberian racun dan selanjutnya dikubur ditempat yang aman.

"Warga merasa terusik dengan keberadaan anjing liar ini, terutama warga yang memiliki hewan ternak," tutupnya.

Editor: Rio Batubara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved