Public Service

Bolehkan Listrik Diperjualbelikan Konsumen?

Saya mau tanya apakah listrik yang ada di rumah konsumen boleh untuk di perjual belikan?

Bolehkan Listrik Diperjualbelikan Konsumen?
Tribun Batam/Istimewa
Razali, Kepala Dusun I Desa Sanglar, Kecamatan Durai, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepri, menunjukkan MCB Listrik PLTD.

Pertanyaan

Selamat Siang Tribun Batam saya mau tanya apakah listrik yang ada di rumah konsumen boleh untuk di perjual belikan, mohon penjelasannya.

pengirim 082385741xxx

Jawaban

Terima kasih atas pertanyaan yang disampaikan, untuk penyaluran kebutuhan listrik, PLN wajib menyediakan kebutuhan layanan kepada konsumen.

Hal ini tentunya berdasarkan kebutuhan yang di perlukan. Selain itu, dalam pemasangan sambungan listrik, satu bangunan rumah untuk satu sambungan (meter) listrik.

Dalam satu rumah huni kebutuhan sambungan listrik dari PLN diwajibkan satu sambungan, kecuali untuk rumah kontrakan atau sewa dan bisa mengajukan sambungan ke pihak PLN lebih dari satu.

Untuk pertanyaan yang di sampikan di atas, adanya listrik yang di perjual belikan dari satu meteran listrik dan dialirkan ke beberapa rumah lainnya tentunya tidak di perbolehkan. Karena pemasangan sambungan listrik oleh PLN ke pelanggan menganut azas persil.

Apabila ada pelanggan PLN yang memperjual belikan listrik dari rumah ke beberapa titik lainnya, tentunya akan di cek terlebih dahulu di lapangan oleh tim dari PLN apakah menyalahi aturan, apabila kondisinya menyalihi maka Tim PLN akan turun ke lapangan dan apabila menyalahi legalitas perjanjian persil tadi akan bisa diputuskan atau di cabut aliran listriknya. Demikian dapat kami sampaikan.

Rudi Antono

Corporate Communication Bright PLN Batam.

Editor: Sri Murni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved