Apakah Bisa Menggunakan BPJS Kesehatan di Luar Provinsi?

Penggunaan kartu BPJS Kesehatan yang digunakan di luar provinsi tempat BPJS asal pada dasarnya bisa digunakan.

Apakah Bisa Menggunakan BPJS Kesehatan di Luar Provinsi?
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Salah seorang warga memperlihatkan kartu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) di Kantor Cabang Utama BPJS, Kota Bandung beberapa waktu lalu. 

Pertanyaan

Bisakah BPJS digunakan di luar Provinsi

Selamat pagi Tribun Batam. Apakah kita masih bisa menggunakan kartu BPJS setelah kita pindah keluar provinsi, apakah perlu kita merubah alamat klinik tujuan kita setelah kita pindah nanti.

pengirim 081371558xxx

Jawaban.
Cukup lapor ke BPJS yang dituju

Terima kasih atas pertanyaan yang disampaikan, keanggotaan BPJS Kesehatan yang telah aktif dapat menggunakan fasilitas kesehatan di rumah sakit atau klinik yang telah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Penggunaan kartu BPJS Kesehatan yang digunakan di luar provinsi tempat BPJS asal pada dasarnya bisa digunakan, karena Kepesertaan BPJS kesehatan bisa di gunakan di seluruh Indonesia dimana ada cabang BPJS kesehatan.

Untuk mekanismenya cukup mudah, peserta BPJS Kesehatan cukup melapor ke BPJS tujuan yang akan dituju, dan menyampaikan perpindahan BPJS dari daerah asal ke daerah yang baru, termasuk dari pelayanan klinik baru yang akan di gunakan.

Sementara untuk klinik tempat pilihan dari BPJS asal tentunya tidak akan berlaku lagi, cukup sampaikan ke petugas BPJS yang dituju. Demikian penjelasannya.

Fahrurozi
Kepala BPJS Kesehatan Kota Batam.

Tags
BPJS
Editor: Rio Batubara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved