Ini Alasan Guru Tidak Tetap di Anambas Mengundurkan Diri

Memang benar ada. Data yang ada pada kami tujuh orang. GTT ini bertugas di sekolah pada berbagai tingkatan

Ini Alasan Guru Tidak Tetap di Anambas Mengundurkan Diri
Tribunnews.com
Ilustrasi guru sedang mengajar 

Laporan Tribunnews Batam Tyan Mulia Rohman

TRIBUNNEWSBATAM.COM, ANAMBAS - Guru Tidak Tetap (GTT) banyak yang mengundurkan diri dari sekolah tempat ia mengajar. Mardani Wijaya, staf bagian kepegawaian Dinas Pendidikan Kabupaten Kepulauan Anambas mengatakan, sebanyak tujuh orang GTT yang telah mengundurkan diri.

"Memang benar ada. Data yang ada pada kami tujuh orang. GTT ini bertugas di sekolah pada berbagai tingkatan," ujarnya Rabu (22/4/2015) siang.

Mardani mengatakan, beberapa hal menjadi dasar para GTT ini mengundurkan diri. Mulai dari tidak mampu menjadi GTT, namun ada juga yang ikut dengan suami yang pindah tugas.

Meski demikian, ia menyebut data GTT yang mengundurkan diri ini berkemungkinan bertambah. Hal ini dikarenakan masih ada GTT yang sudah melaporkan pengunduran diri ke pihak sekolah, namun pengajuan pengunduran diri belum sampai ke Dinas Pendidikan.

"Alasannya beragam. Rata-rata sudah tidak mampu lagi bekerja. Mereka yang mengajukan pengunduran diri ini ada yang tahun 2014, ada juga yang tahun 2015. Mereka (GTT, red) yang mengundurkan diri ini ada yang yang tidak melapor ke kami," ungkapnya.

Ia menjelaskan, Guru Tidak Tetap yang mengajukan pengunduran diri berawal dari mengajukan permohonan ke sekolah tempat GTT bertugas. Permohonan tersebut, selanjutnya diteruskan ke kabupaten melalui Dinas Pendidikan.

Dari sana, Disdik meneruskan kembali ke Badan Kepegawaian Daerah (BKD) untuk selanjutnya diterbitkan SK Pemberhentiannya.

"Alurnya seperti itu. Tidak menutup kemungkinan juga masih ada GTT yang melapor ke pihak sekolah, tapi belum sampai ke kami. Apakah menyampaikan secara langsung, saya kurang tahu," ujarnya.

Data dari Dinas Pendidikan Kabupaten Kepulauan Anambas menyebut, sebanyak 191 GTT untuk tingkat SD, 111 GTT untuk tingkat SMP, serta 66 GTT untuk tingkat SMA/SMK. Jumlah GTT ini tersebar pada tujuh kecamatan di Anambas.

Editor: Rio Batubara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help