Operasi 240 Pasien Katarak dalam 10 Jam, Batam Raih Rekor Muri

Rumah Sakit Awal Bros (RSAB) Batam, PT Sido Muncul Tbk dan Perdami (Persatuan Dokter Ahli Mata) meraih rekor Muri.

Operasi 240 Pasien Katarak dalam 10 Jam, Batam Raih Rekor Muri
tribunnews batam/zabur
Menkes RI, Prof DR Nila F Moeloek, SP.M(K), menyaksikan pemberian rekor Muri kepada Direktur RSAB Batam, Dr Widya Putri MARS, perwakilan Sido Muncul Batam Susanti di RSAB Batam, Minggu (31/5/2015). 

Laporan Tribunnews Batam, Zabur A

TRIBUNNEWSBATAM.COM, BATAM-Rumah Sakit Awal Bros (RSAB) Batam, PT Sido Muncul Tbk dan Perdami (Persatuan Dokter Ahli Mata) meraih rekor Muri (Musium Rekor Indonesia), setelah berhasil melakukan operasi terhadap 240 pasein katarak dalam waktu 10 jam.

Penyerahan penghargaan rekor Muri itu disaksikan langsung Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Prof DR Nila F Moeloek, SP.M(K), Minggu (31/5/2015).

Pemberian penghargaan rekor Muri itu juga disampaikan kepada tim penggerak PKK Provinsi Kepri, yang mendukung kegiatan bhakti sosial operasi ketarak gratis.

Direktur RSAB Batam, Dr Widya Putri MARS mengatakan operasi katarak gratis ini merupakan salah satu wujud kepedulian RSAB Batam terhadap warga yang kurang beruntung sekaligus membantu program pemerintah memberantas kebutaan karena katarak.

"Tahun ini mejadi istimewa, karena operasi katarak gratis dengan kerjasama Sido Muncul, Pedami dan tim PKK langsung dipantau dan dicatat Muri, untuk masuk dalam rekor. Berkat tim yang solid, akhirnya semua mendapatkan rekor muri," katanya.

Awalnya, kata Widya Putri ada 500 peserta yang mendaftar dalam operasi ketarak gratis ini. Namun setelah mengikuti persyaratan atau melalui scaning, yang bernar-benar bisa mengikuti operasi katarak gratis hanya 328 pasien.

"Dari 328 pasien ini dioperasi oleh 25 dokter spesialis mata dengan menggunakan teknik Pahcoemulsifikasi, yaitu teknik operasi menggunakan sebuah alat khusus atau sering disebut laser katarak," ujarnya.

Perwakilan Sido Muncul Batam, Susanti mengatakan kerja sama operasi katarak gratis dengan RSAB Batam sudah terlaksanak dua kali.

Tahap pertama pada tahun 2011 telah berhasil operasi 182 pasien katarak. Kemudian pada 23 Mei 2015 jumlah pasien katarak yang dioperasi meningkat hingga 328 pasien katarak.

"Kerja sama Sido Muncul dengan RSAB Batam diapresasi Muri mendapatkan penghargaan Muri kategori operasi katarak dengan teknik Pahcoemulsifikasi terbanyak dalam sehari," katanya.

Sementara, Menkes RI, Prof DR Nila F Moeloek, SP.M(K) kegiatan operasi ketarak yang diselenggarakan PT Sido Mulyo, RSAB Batam, Perdami serta Tim Penggerak PKK Provinsi Kepri merupakan contoh kerja sama yang baik antara pihak swasta

Editor: Sri Murni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved