Public Service

Apakah Bisa Terlambat Masuk Setengah Jam Langsung Dipecat?

Saya terlambat kerja setengah jam. Tiba-tiba saya dipecat perusahaan tanpa pemberitahuan baik lisan atau tanpa surat pemecatan, apakah bisa demikian?

Apakah Bisa Terlambat Masuk Setengah Jam Langsung Dipecat?
TRIBUNNEWSBATAM.COM/ARGIANTO DA NUGROHO
Ilustrasi pekerja 

Pertanyaan

Selamat pagi. Saya mau tanya, saya bekerja di perusahaan distributor sudah selama enam tahun, saya terlambat masuk kerja setengah jam. Tiba-tiba saya dipecat sepihak oleh perusahaan tersebut, tanpa pemberitahuan baik lisan atau tanpa surat pemecatan. Mohon pencerahannya.

081364163xxx

Jawaban

PHK Harus Melalui Proses Rundingan antara Pekerja dan Pengusaha

Terima kasih atas pertanyaan yang disampaikan.

Dapat kami jelsakan bahwa pada dasarnya pemutusan hubungan kerja atau PHK dapat di lakukan pengusaha karena pekerja melakukan pelanggaran sebagaimana yang diatur dalam perjanjian kerja (PK), peraturan perusahaan (PP) atau perjanjian kerja bersama (PKB).

Namun demikian sesuai dengan ketentuan pasal 151 UU no 13 tahun 2013, maksud dari PHK adalah wajib dirundingkan oleh pengusaha dengan pekerja.

Apabila tidak ada kesepakatan maka PHK dapat dilakukan setelah ada penetapan dari lembaga penyelesaian perselisihan hubungan industrial.

Untuk penjelasan lebih lanjut silahkan berkonsultasi dengan mediator hubungan industrial di Dinastenaga kerja kota Batam, demikian penjelasan kami.

Hendra Gunadi

Kasi Penyelesaian Perselisihan Tenaga Kerja Disnaker Kota Batam.

Tags
PHK
Editor: Sri Murni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved