Ini Trik Berkemas untuk Liburan

Berikut adalah tips berkemas untuk mudik atau liburan Anda

Ini Trik Berkemas untuk Liburan
dailymail

TRIBUNNEWSBATAM.COM - Satu hal tersulit dan mungkin paling malas dilakukan ketika ingin mudik atau liburan adalah berkemas.

Berkemas terkadang menjadi masalah tersendiri, sebab tak hanya harus memikirkan apa yang harus dibawa, tapi juga mempertimbangkan ukuran koper, ukuran bagasi kendaraan yang akan ditumpangi, dan kepraktisan bawaan saat dibawa.

Berikut adalah tips berkemas untuk mudik atau liburan Anda, menurut penulis buku panduan liburan 'The Epic Adventurer', Julia Hudson, yang dilansir oleh Daily Mail.

1. Pilih koper yang sesuai
Pilihlah koper yang ringan ketika kosong, bermuatan luas, dan besarnya sesuai bagasi kendaraan yang akan ditumpangi. Usahakan jangan pilih koper yang berpelindung plastik, sebab itu hanya membuat bawaan berat meski koper kosong.

2. Buat daftar barang bawaan
Daripada kebingungan soal apa yang harus dibawa, buatlah daftar barang yang ingin Anda bawa. Jika perlu, kategorikan pula bawaan yang diperlukan dan pakaian yang akan dipakai per hari liburanAnda.

3. Ingat: tiga alas kaki
Sandal, sepatu santai, dan sepatu formal. Tiga alas kaki itulah yang dapat Anda bawa untuk berlibur. Jika menurut Anda sepatu formal tak begitu diperlukan, maka bawalah sandal dan sepatu santai saja. Selalu ingat, maksimal tiga alas kaki agar bawaan efisien.

4. Gulung pakaian tebal
Jika Anda membawa jaket, baju hangat, selimut, atau kain apa saja yang berbahan tebal, sebaiknya gulung saja untuk menghemat tempat di koper. Untuk yang berbahan sangat tebal, masukkan terlebih dahulu ke plastik, keluarkan udara yang terperangkap, lalu gulung.

5. Susun dan tumpuk pakaian secara vertikal
Agar pakaian bawaan tetap rapi dan tak kusut ketika dibawa bepergian, selalu lipat pakaian Anda, lalu tumpuk secara vertikal. Usahakan lipatan pakaian sesuai dengan lebar koper, agar ketika koper ditenteng pakaian tak akan bergeser. Buatlah dua tumpukan yang diletakkan bersebelahan.

6. Selip pakaian dalam
Untuk pakaian dalam, tinggal selipkan saja di kantung-kantung koper, atau di antara baju, elektronik, dan barang pecah belah yang Anda bawa. Selain menghemat tempat, Anda bisa melindungi elektronik dan barang sensitif lainnya dari benturan atau basah.

7. Minimalisir bahan cairan
Bawaan berbahan cairan, seperti shampo, losion, dan perlengkapan mandi atau rias lainnya, kerap kali bermasalah jika melewati pemeriksaan barang di bandara. Cara mengakalinya, belilah paket tas dan botol mini yang biasa dijual untuk keperluan wisata atau liburan, lalu isi dengan perlengkapan mandi Anda.

8. Jangan gulung kabel elektronik
Ketimbang nantinya kusut dan terbelit, atau malah tertekuk dan rusak, lebih baik biarkan kabel-kabel elektronik Anda terulur. Jika Anda membawa banyak kabel, satukan kabel-kabel yang terulur itu menggunakan selotip, lalu selipkan di antara baju-baju Anda.

9. Akali penyimpanan perhiasan dan aksesoris
Tak perlu membawa tempat khusus, tinggal selipkan perhiasan di dalam atau antara barang-barang yang sudah Anda kemas, seperti kaos kaki atau tempat kacamata. Untuk ikat pinggang atau syal, bisa Anda lingkarkan mengelilingi sisi dalam koper atau diletakkan di bagian atas tumpukan baju Anda.

10. Sedia tas kecil
Ingat, tak semua barang harus Anda masukkan ke koper. Apalagi barang penting seperti ponsel, dompet, tiket, atau paspor. Bawalah sebuah tas kecil atau tas pinggang, lalu isi barang-barang penting yang perlu Anda keluarkan dan masukkan ketika perjalanan. (Daily Mail)

Editor: Rio Batubara
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved