Setiap Tahun 200-an Wanita di Tanjungpinang Meninggal Saat Melahirkan

Setiap tahunnya, sekitar 200-an wanita hamil di Kota Tanjungpinang meninggal saat melahirkan.

Setiap Tahun 200-an Wanita di Tanjungpinang Meninggal Saat Melahirkan
Net
Ilustrasi wanita hamil 

Laporan Tribunnews Batam, MM Ikhwan

TRIBUNNEWSBATAM.COM, TANJUNGPINANG- Setiap tahunnya, sekitar 200-an wanita hamil di Kota Tanjungpinang meninggal saat melahirkan.

Penyebabnya, kebanyakan dikarenakan pendarahan dan eklampsia.

Kepala Dinas Kesehatan Tanjungpinang Rustam mengatakan, meskipun angkanya tampak besar namun jumlah tersebut sudah berada di bawah rata-rata nasional.

"Setiap tahun 200-an (yang meninggal-red). Jumlah tersebut sudah di bawah rata-rata nasional," jelasnya, Kamis (20/8/2015).

Pihaknya terus berupaya semaksimal mungkin untuk menekan angka kematian ibu. Diantaranya dengan melakukan pendampingan ibu hamil.

"Kita adakan pendataan, dengan melakukan pencarian dan pendampingan resiko tinggi," katanya.

Menurutnya dengan dilakukan perogram pendataan tersebut, program lahiran ibu hamil lebih terencana dengan persiapan matang. "Misalnya dimana akan melahirkan, sudah punya jaminan apa belum, itu kita data. Jangan pula mau operasi tak ada uang," kata Rustam.

Pencarian dan pendataan dilakukan oleh para kader relawan.

Selanjutnya, dilaporkan kepada petugas di puskesmas terdekat.

Kemudian ibu hamil yang sudah didata, akan dilakukan pemeriksaan secara berkala oleh petugas dengan mendatangi rumahnya.

"Yang beresiko tinggi akan kita dampingi. Misalnya sebelumnya pernah operasi. Setidaknya kita lakukan pendampingan ini untuk mengurangi angka kematian ibu di Tanjungpinang," katanya.

Dia juga menambahkan, rata-rata masyarakat di Tanjungpinang sudah melahirkan anak dengan bantuan medis. Seperti di kelinik, rumah bersalin, dan rumah sakit.

"Memang infonya (baru-baru ini-red) masih ada satu orang yang lahiran sama dukun (beranak-red). Tapi kebanyakan sudah tidak," katanya. (*)

Editor: Sri Murni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help