Pria Ini Bangun Replika Taj Mahal untuk Kenang Sang Istri

Seorang pensiunan di India utara membangun tiruan gedung Taj Mahal untuk mengenang istrinya yang telah meninggal dunia

Pria Ini Bangun Replika Taj Mahal untuk Kenang Sang Istri
Dailymail.co.uk
Faizil Hasan Quadri mengerjakan replika Taj Mahal ini sejak tiga tahun yang lalu. 

TRIBUNNEWSBATAM.COM - Seorang pensiunan di India utara membangun tiruan gedung Taj Mahal untuk mengenang istrinya yang telah meninggal dunia. Faizil Hasan Quadri sudah mengerjakan replika Taj Mahal ini sejak tiga tahun yang lalu.

Monumen cinta ini ia bangun tidak jauh dari tempat tinggal di sebuah desa kecil Kaser Kalan, negara bagian Uttar Pradesh, India. Tidak memiliki anak membuat Quadri menutuskan untuk mengikuti jejak Kaisar Mughal Shah Jahan membangun Taj Mahal sebagai monumen cinta mengenang istrinya.

Pria berusia 80 tahun ini menghabiskan semua uang dimilikinya untuk menyiapkan dan membangun replika Taj Mahal ini. Sampai saat ini ia sudah menghabiskan dana sekitar £ 110,000 dan tetap bertekad untuk terus menyelesaikan bangunan ini.

Sang istri Tajammuli Begum meninggal dunia karena kanker pada Desember 2011 karena menderita kanker. Pasangan ini sudah menikah selama 53 tahun. Lengkap dengan kubah dan menara, bangunan replika Taj Mahal milik Quadri sudah berdiri, namun banyak pekerjaan yang harus dituntaskan. Jendela-jendela, taman serta marmer putih, belum dipasang atau dibuat.

Seperti yang dilansir dari Daily Mail, setelah tiga tahun mengerjakan kakek ini menghadapi tantangan keuangan untuk melanjutkan pembangunan monumen ini. Sejumlah orang pernah menawarkannya bantuan namun ia tetap menolak. Quadri telah menjual sebidang lahan pertanian miliknya, perhiasan istrinya sampai tabungan hidupnya untuk membiayai pembangunan 'Taj Mahal' ini.

"Ini adalah hal pribadi yang saya lakukan untuk istri saya. Jadi saya melakukannya ini sendiri dan akan menyelesaikannya tidak peduli berapa lama," ujarnya.

Ia bahkan pernah didekati pemerintah setempat untuk menawarkan bantuan. Dengan sopan ia menolak dan lebih memilih untuk mencari uang sendiri dan tidak menerima bantuan dari pemerintah.

Meski baru selesai setengah, replika Taj Mahal yang dibangun Quadri sudah menarik perhatian banyak orang dan menjadi populer. Orang-orang berduyun-duyun untuk melihat langsung monumen cinta Quandri untuk sang istri.

Quadri juga telah menyediakan tempat untuk makamnya yang berada di samping kubur istrinya. Ia juga sudah mengatakan kepada saudaranya jika ia meninggal nanti, ia minta dimakamkan di samping makam Tajamulli.

"Ini adalah keinginan terakhir saya. Segala sesuatu yang datang pasti akan pergi. Istri saya sudah meninggal dan suatu hari saya juga pasti akan meninggal. Tapi saya ingin melihat ini selesai sebelum meninggal nanti," ungkapnya. (*)

Editor: Rio Batubara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help