Pasca Idul Adha, Harga Sayuran dan Ikan Stabil di Karimun

Rata-rata relatif stabil. Malah ada beberapa sayuran dan palawija yang harganya turun. Kalau pasokan aman dan lancar

Pasca Idul Adha, Harga Sayuran dan Ikan Stabil di Karimun
TRIBUN BATAM/Sarih
Suasana Jual Beli di Pasar Puan Maimun, Karimun, Sabtu (26/9/2015) 

Laporan Tribunnews Batam M. Sarih

TRIBUNNEWSBATAM.COM, KARIMUN - Meski sempat terjadi kenaikan harga kebutuhan masyarakat, menjelang hari raya Idul Adha lalu, namun perlahan-lahan sejumlah komoditi kebutuhan tersebut mengalami penurunan harga, dan sebagian lagi relatif stabil.

Kebutuhan seperti; sayur mayur, palawija, sayuran hijau, ayam dan ikan, rata-rata masih harga sepekan sebelumnya karena alasan pasokan dari sumber kebutuhan masyarakat tersebut saat ini aman dan lancar.

"Rata-rata relatif stabil. Malah ada beberapa sayuran dan palawija yang harganya turun. Kalau pasokan aman dan lancar, Inshaallah harga-harganya relatif stabil," kata Nanang seorang pedagang sayur mayur di Pasar Puan Maimun, Sabtu (26/9/2015).

Harga-harga komoditi yang didatangkan dari Malaysia via Batam, misalnya; rata-rata harganya turun. Seperti bawang bombay, bawang india, brokoli, wortel, kentang dan lainnya rata-rata turun harga, yang besaranya antara Rp 1000 sampai Rp 2000 per Kilogram, jika dibandingkan harga yang berlaku sepekan sebelumnya.

Demikian juga diungkapkan pedagang sayuran hijau, Mama Ringo, harga sayuran yang rata-rata diperoleh dari petani lokal, justeru mengalami penurunan harga dari pekan sebelumnya. Di antaranya kangkung, dari 10 ribu menjadi Rp 8 ribu per Kg, kacang panjang dari Rp 15 ribu menjadi Rp 13 ribu per Kg, dan sawi dari Rp 15 ribu menjadi Rp 13 ribu per Kg.

Dari sekian banyak komoditi sayuran di atas, cabai merah dan cabai rawit justru mengalami kenaikan, meski kenaikannya tidak terlalu signifikan. Cabai rawit sebelumnya Rp 25 ribu menjadi Rp 30 ribu per Kg dan cabai merah dari Rp 40 ribu naik menjadi Rp 42 ribu per Kg.

Editor: Rio Batubara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved