Akibat Diterjang Puting Beliung Tiga Desa Gelap Gulita di Midai

Pasca-diterjang puting beliung, Senin (28/9/2015) malam, tiga desa yang ada di Midai gelap gulita

Akibat Diterjang Puting Beliung Tiga Desa Gelap Gulita di Midai
Tribunnews Batam/ Istimewa
Ilustrasi Angin Puting Beliung

Laporan Tribunnews Batam m. Ikhsan

TRIBUNNEWSBATAM.COM , NATUNA - Pasca-diterjang puting beliung, Senin (28/9/2015) malam, tiga desa yang ada di Midai gelap gulita. Listrik mati total akibat 7 unit tiang PLN tumbang.

Camat Midai, Suherman mengatakan desa yang saat ini gelap adalah Desa Air Kumpai, Desa Batu Belanak dan Desa Gunung Jambat.

"Yang terkena puting beliung sebenarnya dua desa, Air Kumpai dan Batu Belanak, tapi jaringan listrik desa tersebut juga berhubungan dengan Gunung Jambat, makanya yang terkena mati listrik tiga desa," ujar Suherman, Rabu (30/9/2015).

Kerugian karena bencana puting beliung dikatakan Suherman lebih dari Rp 100 juta. Hal ini ditegaskannya sudah dilaporkan ke bupati. Sementara terkait listrik, PLN diakuinya sudah mengirim tiang untuk dipasang segera agar menormalkan kembali listrik warga.

"Kami sudah memberi laporan awal kepada bupati terkait kondisi masyarakat yang terkena puting beliung di Midai. Kami masih akan menginventarisir bersama Dinsosnakertrans.Terkait listrik PLN sedang bergerak ke Midai membawa tiang listrik pengganti," ujarnya.

Menurut dia, korban jiwa atau luka dari puting beliung dipastikan tidak ada. Mayoritas warga masih bisa mendiami rumah mereka, kendati harus berjuang di tengah kondisi rumah yang kurang layak setelah rusak diterjang angin.

"Mereka masih bisa berdiam di rumah, namun ya kondisinya seperti itu lah. Mudah-mudahan bantuan untuk renovasi dan perbaikan rumah warga bisa segera dilakukan," harapnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, puting beliung meluluhlantakkan rumah warga di dua desa yang ada di Pulau Midai. Total sekitar 17 rumah warga rusak di Desa Batu Belanak dan Desa Air Kumpai.

Selain rumah warga, beberapa fasilitas lain seperti bangunan sanggar sebuah sekolah roboh, 7 unit tiang PLN tumbang.

Sebanyak 16 unit rumah mengalami kerusakan di bagian atap, tiga diantaranya rusak berat dan sebuah rumah terkena tiang PLN yang roboh.

Editor: Rio Batubara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved