Harga Sayuran Turun Bikin Pedagang Pasar PN Karimun Mengeluh

Pedagang di Pasar PN, Kelurahan Teluk Uma, Kecamatan Tebing mengeluh. Itu setelah harga sayuran turun cukup signifikan

Harga Sayuran Turun Bikin Pedagang Pasar PN Karimun Mengeluh
TRIBUN BATAM/Sarih
Suasana Jual Beli di Pasar Puan Maimun, Karimun, Sabtu (26/9/2015) 

Laporan, Tribunnewsbatam Rachta Yahya

TRIBUNNEWSBATAM.COM, KARIMUN - Pedagang di Pasar PN, Kelurahan Teluk Uma, Kecamatan Tebing mengeluh. Itu setelah harga sayuran turun cukup signifikan.

Harga sayuran seperti sawi di pasar tradisional itu terpantau berada di kisaran Rp 13 ribu per kilogram atau Rp 1.500 per ons. Harga itu turun sekitar Rp 2 ribu dibandingkan sebelumnya Rp 15 ribu per kilogram.

Kondisi serupa juga terjadi pada bayam dan kangkung. Bayam dihargai Rp 5 ribu per kilogram dari sebelumnya Rp 10 ribu per kilogram, sedangkan kangkung dari Rp 7-8 ribu turun menjadi Rp 4 ribu per kilogram.

Berdasarkan pengakuan sejumlah pedagang, turunya harga sayuran dipicu stok yang melimpah di pasaran.

“Macam tak ada harga, turunya hampir separoh. Sebabnya? Karna stok melimpah di pasaran saat ini, para petani sudah pada panen,” ujar Sinto, seorang pedagang sayur di pasar PN, Minggu (18/10/2015).

Turun harga juga terjadi untuk cabai diantaranya cabai merah Padang dari sebelumnya Rp 50 ribu per kilogram turun menjadi Rp 40 ribu per kilogram.

Cabai kecil kini dijual seharga Rp 30-35 ribu per kilogram. Begitu juga dengan cabai hijau dari Rp 50 ribu turun menjadi Rp 40 ribu.

Meski begitu, tidak semua komoditi turun harga, sejumlah barang masih ada yang mengalami kenaikan seperti kubis, wortel, kacang panjang, buncis, bawang putih, bawang merah dan bawang Bombay.

Kubis kemarin terpantau pada harga Rp 12 ribu per kilogram atau naik sekitar Rp 2-4 ribu dari harga sebelumnya Rp 8-10 ribu per kilogram.

Wortel dari Rp 18 ribu naik menjadi Rp 25 ribu per kilogram, kacang panjang dari Rp 13 ribu jadi Rp 15 ribu per kilogram, begitu juga dengan buncis dari Rp 13 ribu naik Rp 15 ribu per kilogram.

“Bawang putih sama dengan bawang bombay naik dari Rp 8-10 ribu menjadi Rp 15 ribu, bawang merah dari Rp 10 ribu naik Rp 12 ribu. Kentang, tomat, daging ayam, telur tetap berkisar. Kentang Rp 12 ribu, tomat Rp 10 ribu, ayam Rp 30-32 ribu, telur Rp 1.300 per butir. Tempe Rp 6 ribu sebatang, tahu Rp 6 ribu sebungkus isi 10 biji,” terang Sinto

Editor: Rio Batubara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help