Lis Darmansyah Imbau Konsumen Perhatikan Timbangan Saat Berbelanja

Walikota Tanjungpinang Lis Darmansyah melakukan uji tera timbangan yang dilakukan oleh petugas Provinsi Kepri di Pasar Bestari Bintan Center

Lis Darmansyah Imbau Konsumen Perhatikan Timbangan Saat Berbelanja
Tribun Batam
Walikota Tanjungpinang Lis Darmansyah saat meninjau lokasi penimbangan 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, TANJUNGPINANG - Walikota Tanjungpinang Lis Darmansyah melakukan uji tera timbangan yang dilakukan oleh petugas Provinsi Kepri di Pasar Bestari Bintan Center, Kamis (29/10/2015).

Puluhan timbangan milik pedagang, ditera petugas. Lis juga melihat proses timbangan milik pedagang yang ditera petugas. Bahkan dia juga ikut memastikan berat beberapa timbangan yang bermasalah.

Dari puluh timbangan yang di uji tera, petugas menemukan beberapa timbangan yang tidak sesuai dengan takaran. Baik itu kelebihan ataupun justru kurang dari berat semestinya.

Pada kesempatan itu, Lis yang didampingi petugas tera, menjelaskan, saat timbangan ditera lebih berat dari berat semestinya, maka konsumen dirugikan. Karena saat menimbang dagangan, pasti berat barang kurang dari berat semestinya.

Sedangkan saat timbangan ditera kurang dari berat semestinya, maka pedagang yang dirugikan. Karena saat menimbang dagangan, pedagang selalu kelebihan berat dari yang semestinya.

"Jadi uji tera ini dilakukan untuk memastikan timbangan para pedagang sesuai dengan berat semestinya. Karena ditemukan ada yang lebih dan ada yang kurang. Ini berarti tidak hanya konsumen yang dirugikan, pedagang juga ada yang dirugikan," katanya Lis saat melihat petugas melakukan uji tera.

Oleh karena itu, untuk para pembeli, Lis menghimbau agar tidak menerima timbangan yang tidak ada segel tera. Karena jika tidak ada segel tera berarti berat timbangan belum pasti sesuai dengan semestinya. "Kalau sudah disegel berarti sudah ditera," kata Lis.(*)

Penulis: M Ikhwan
Editor: Iman Suryanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help