Selama Tiga Hari Siapkan Lilin, PLN Batam Lakukan Pemadaman Bergiliran

Ia mengatakan pemadaman akan dilakukan selama 3 hari kecuali hari Minggu.

Selama Tiga Hari Siapkan Lilin, PLN Batam Lakukan Pemadaman Bergiliran
www.izmaamalia.files.wordpress.com
Ilustrasi petir menyambar. 

Laporan Tribunnews Batam, Anne Maria

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Petir yang menyambar Kota Batam, sejak ‎Jumat (30/10/2015) dini hari, menyebabkan gangguan pada transmisi 150 KV Muka Kuning- Tanjung Kasam yang berdampak pada beberapa pembangkit.

Kondisi tersbeut menyebabkan terganggunya pasokan listrik ke pelanggan sebesar kurang lebih 100 MW. Serta membuat sistem kelistrikan di Batam lumpuh total.

Menurut Rudi Antono, Corporate Communication bright PLN Batam gangguan tersebut disebabkan oleh sambaran petir yang cukup besar mengenai transmisi dan sistem proteksinya, sehingga transmisi tidak dapat bekerja dan mengenai sisitem pembangkitan yang juga saat itu beroperasi penuh.

"Kami berupaya untuk melakukan pemulihan sistem kelistrikan, sehingga pada pukul 06.00 WIB beberapa pembangkit gas sudah mulai masuk ke dalam sistem agar pasokan listrik dapat dipulihkan secara bertahap. Selama pemulihan, dengan sangat terpaksa berdampak terhadap pemadaman kepada pelanggan secara bergilir, dan kami mohon maaf yang sebesar-besarnya atas terjadinya gangguan mendadak ini." ujar Rudi.

Menurutnya, gangguan ini termasuk gangguan yang mendadak dan bisa terjadi sewaktu-waktu sehingga belum ada pemberitahuan ke pelanggan sebelumnya.

Pemulihan sistem pun sedang dilakukan, dan diperkirakan sore hari nanti PLTU Unit 1 sinkron dengan sistem dan diharapkan kelistrikan 80 persen dapat teratasi.

Akan tetapi beberapa hari ke depan sistem kelistrikan Batam akan defisit sebesar 40 MW dikarenakan satu unit PLTU belum dapat beroperasi menunggu perbaikan karena gangguan mendadak yang terjadi dini hari tadi.

Ia mengatakan pemadaman akan dilakukan selama 3 hari kecuali hari Minggu.

"Tapi kami berupaya semaksimal mungkin agar upaya pemulihan dapat selesai secepatnya dan kami juga mohon doa dan dukungan masyarakat Batam, agar tidak terjadi gangguan-gangguan yang mengakibatkan terganggunya pasokan listrik ke pelanggan," ucap Rudi Antono.(*)

Baca berita selengkapnya di edisi cetak Tribun Batam, atau di Fanpages Tribun Batam https://www.facebook.com/redaksitribunbatam dan Web Tribun Batam di http://batam.tribunnews.com/

Penulis: Anne Maria
Editor: Iman Suryanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help