Diperbaiki Rusak Terus, Warga Desa Pegudang Bintan Terancam Krisis Air Bersih

Sudah hampir dua tahun lamanya, fasilitas air bersih di kawasan Desa Pegudang, Kecamatan Teluk Sebong mengalami kerusakan.

Diperbaiki Rusak Terus, Warga Desa Pegudang Bintan Terancam Krisis Air Bersih
Tribun Batam/ Istimewa
ilustrasi Air bersih

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BINTAN - Sudah hampir dua tahun lamanya, fasilitas air bersih di kawasan Desa Pegudang, Kecamatan Teluk Sebong mengalami kerusakan.

Namun demikian, hingga saat ini belum ada tanda-tanda perbaikan dari Pemerintah setempat, akibatnya warga terpaksa mengambil air minum dari parit yang ada disekitar permukiman mereka.

Samsul Hidayat (35) warga desa Pengudang mengungkapkan, rusaknya Pam ini dikarenakan beberapa faktor seperti aliran listrik dan mesin yang sering mengalami kerusakan.

"Banyak faktor yang menjadi penyebab tidak berfungsinya fasilitas tersebut. Mulai dari listrik hingga mesin yang sering rusak," sebutnya, Rabu (3/11/2015) siang.

Beberapa waktu lalu, warga sekitar juga pernah melakukan perbaikan terhadap mesin tersebut. Mereka melakukan perbaikan sebanyak empat kali, namun sayang, walaupun sudah diperbaiki tetap saja rusak dan tidak bisa digunakan.

"Kami sudah melakukan perbaikan. Awalnya bisa digunakan selama tiga sampai empat jam, tapi sekarang cuma bertahan 30 menit saja," tambahnya.

Saat ini, yang menjadi masalah utama mengapa pam air itu tidak berjalan lagi karena ada kerusakan pada pipa air tersebut.

Walaupun mesin hidup, pipa itu tetap tidak bisa mengalirkan air ke tempat penampungan. "Kita perbaiki mesin, pipanya yang rusak, nanti kita perbaiki pipa tempat lain juga yang rusak. Ini yang menjadi problem kita," tambahnya.(*)

Penulis: Eko Setiawan
Editor: Iman Suryanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help