WOW, 200 Remaja Ajukan Dispensasi Nikah Muda, Karena Hamil Duluan

Sebanyak 200 pasangan mengajukan permohonan nikah di bawah umur atau disebut juga nikah dispensasi ke Kantor Kementerian Agama (Kamenag)

WOW, 200 Remaja Ajukan Dispensasi Nikah Muda, Karena Hamil Duluan
internet
Ilustrasi siswi hamil.

BATAM.TRIBUNNEWSBATAM.COM, KARIMUN – Sebanyak 200 pasangan mengajukan permohonan nikah di bawah umur atau disebut juga nikah dispensasi ke Kantor Kementerian Agama (Kamenag) Kabupaten Karimun, Provinsi Kepri.

Jumlah tersebut, merupakan komulatif dari data yang dihimpun sejak Januari hingga Oktober 2015.

Berdasarkan Undang-undang, usia laki-laki yang seharusnya diperkenan menikah yakni berada pada usia 21 tahun ke atas, sementara usia perempuan berada pada usia 19 tahun ke atas.

Dari 200 pasangan nikah dispensasi itu, kebanyakan disebabkan hamil di luar nikah dengan berbagai alasan.

Meski begitu, nikah dispensasi itu, sebut pihak kamenag sudah sepengetahuan orangtua kedua mempelai dan bukan nikah secara diam-diam atau siri.

Kamenag akhirnya meluluskan pengajuan permohonan nikah dispensasi tersebut, dikarenakan mereka sudah mendapat persetujuan dari Pengadilan Agama (PA) terlebih dahulu.

“Benar, ada sekitar 200 pengajuan permohonan nikah dispensasi sepanjang tahun 2015 ini. Kebanyakan disebabkan oleh hamil diluar nikah. Mereka juga sudah melakukan sidang di PA, jadi dikabulkan,” ujar Kepala Kamenag Kabupaten Karimun, H Afrizal, Rabu (4/11/2015).

Untuk menekan angka nikah dispensasi tersebut, Afrizal mengatakan butuh sinergi dan kerjasama yang baik dari seluruh stakeholder yang ada di Bumi Berazam.

Hal tersebut guna menyelamatkan generasi muda Kabupaten Karimun. Afrizal berharap kepada pasangan yang melakukan nikah dispensasi agar dapat menjalani kehidupan mereka sebaik-baiknya, meskipun hal itu juga diyakini cukup berat dan rentan karena secara mental sesungguhnya mereka belum siap.

“Kita doakan mereka semoga hidup berbahagi, tidak hanya bersifat sementara. Kita akui menikah pada usia itu cukup berisiko karena faktor usia yang sebenarnya belum matang secara mental tapi mudah-mudahan mereka sabar dan tabah,” kata Afrizal.(*)

Penulis: Rachta Yahya
Editor: Iman Suryanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved