Polres-Pemko Akan Siapkan Sirkuit Untuk Atasi Balapan Liar di Tanjungpinang

Dengan adanya sirkuit, diharapkan tidak ada lagi balapan liar menggunakan jalan raya. Mereka bisa menyalurkan hobinya di sirkuit itu

Polres-Pemko Akan Siapkan Sirkuit Untuk Atasi Balapan Liar di Tanjungpinang
Tribunnewsbatam / Hadi Maulana
ilustrasi balapan di jalanan

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, TANJUNGPINANG - Balapan liar masih kerap terjadi di Kota Tanjungpinang.

Terutama pada Sabtu malam, aksi balap liar kerap terlihat di sejumlah tempat, yang membuat masyarakat Kota Tanjungpinang resah. Pasalnya jalan yang digunakan buat balap liar merupakan jalan protokol. 

Kebanyakan pelakunya juga masih remaja.

Bebeberapa titik jalan raya yang kerap menjadi tempat aksi balapan di antaranya di Jalan Basuki Rahmat depan eks Kantor Gubernur Kepri lama, di Jalan Rumah Sakit Provinsi di KM 10 dan juga di Dompak.

Setiap malam Minggu, titik-titik tersebut kerap jadi tempat balapan. Ratusan remaja juga ikut menyaksikan balapan dengan berhenti di sisi jalan, yang mengakibatkan terjadinya kemacetan.

Aksi balap liar ini pun menjadi topik bahasan dalam Rapat FKPD Kota Tanjungpinang yang digelar di Polres Tanjungpinang, Senin (9/11).

Walikota Tanjungpinang Lis Darmansah mengatakan balapan liar perlu ditertibkan, karena sudah banyak masyarakat yang merasa terganggu kenyamanan dan ketentraman di jalan raya sehingga melapor kepadanya. Karena itu dia berharap Pemko Tanjungpinang dan Kepolisian bersinergi memberantas balapan liar ini.

Sebelumnya, Pihak Kepolisian dan Satpol PP sudah sering melakukan razia bersama dan melakukan penertiban serta membubarkan aksi balapan yang tengah berlangsung di jalan umum ini. Namun, setelah sekian lama menghilang, aksi balapan liar kembali muncul.

Kapolres Tanjungpinang AKBP Kristian Parluhutan Siagian menyambut baik apa yang disampaikan walikota.

Dia menegaskan akan menindak pelaku balapan liar tampa tebang pilih. Selain itu, dia berjanji akan meningkatkan pengawasan dan pengamanan di jalan umum.

"Kita akan bekerjasama dengan pihak Pemko Tanjungpinang untuk melakukan razia ini. Sama halnya dengan melakukan razia ketertiban umum yang dilakukan secara bersama," katanya.

Dia mengaku tidak hanya sekedar menertibkan balapan liar, juga berencana menyiapkan sirkuit bagi para pembalap amatiran itu. Sehingga dengan adanya sirkuit, diharapkan tidak ada lagi balapan liar menggunakan jalan raya. Mereka bisa menyalurkan hobinya di sirkuit itu. (*)

Penulis: M Ikhwan
Editor: nandrson
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved