Terkait Pilkada Serentak, Ini Pesan Presiden Jokowi

Seluruh kontestan diminta bersaing dengan sehat

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, TANJUNGPINANG - Penjabat Gubernur Kepulauan Riau Agung Mulyana hadir bersamaan 269 Kepala Daerah di seluruh Indonesia dalam acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pemantapan Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2015.

Kegiatan yang dihadiri seluruh pimpinan KPU, Bawaslu, Jajaran Kepolisian, Kejaksaan, TNI, Kabinda hingga Kesbangpol dari seluruh Indonesia ini dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo.

Presiden Jokowi sendiri mengimbau agar Pemilukada serentak yang baru pertamakali dilaksanakan di Indonesia ini nanti bisa berjalan sukses.

Seluruh kontestan diminta bersaing dengan sehat.

"Saya imbau para kontestan bersaing secara sehat. Jika menang jangan jemawa, dan kalau kalah jangan mengajak pendukungnya untuk ngamuk," kata Jokowi dalam pidatonya, seperti disampaikan Pejabat Gubernur Kepri Agung Mulyana.

Kepada KPU dan Bawaslu diimbau juga agar tetap menjaga independensinya. Begitu juga dengan TNI, Polri dan para PNS. Dan kpada para kepala daerah, Jokowi jmengimbau untuk memberikan contoh pendidikan politik yang baik kepada rakyatnya. Serta mengajak masyarakat menikmati demokrasi ini dengan penuh keriangan.

"Saya harap KPU dan Bawaslu bisa lakukan independensinya. Ini semua harus kita jaga betul. Kepada aparat TNI dan Polri supaya senantiasa independen, netral dalam pilkada serentak ini. Kepada para gubernur, bupati, dan wali kota untuk menjaga dan memantau netralitas PNS selama pilkada berlangsung. Beri contoh pendidikan politik yang baik kepada masyarakat, serta ajak mereka menimkati pesta demokrasi ini dengan penuh riang," kata Jokowi. (*)

Penulis: Thom Limahekin
Editor: nandrson
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved