Kata Dokter, Bayi Itu Masih Hidup Saat Dibuang

Menurut Reinhard, jasad bayi yang ditemukan tersebut untuk sementara masih disimpan dalam peti pendingin

Kata Dokter, Bayi Itu Masih Hidup Saat Dibuang
TRIBUN/ZABUR
ilustrasi. Sejumlah warga melihat jasad bayi di tempat pembuangan sampah, Minggu (19/9/2015) di Sekupang 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, PEMATANG SIANTAR - Jasad bayi laki-laki yang ditemukan di dalam bak sampah dekat Puskesmas Rami, Jalan Medan, Pematang Siantar, Sabtu (14/11/2015), ternyata masih hidup saat dibuang.

Hal itu disampaikan petugas forensik RSUD dr Djasamen Saragih, Pematang Siantar, seusai melakukan otopsi, Senin (16/11/20115).

"Usai dilakukan otopsi terhadap jasad bayi itu, disimpulkan bayi tak berdosa itu, saat dilahirkan masih dalam keadaan hidup sebelum kemudian dibuang ke dalam bak sampah," kata Kepala Forensik RSUD dr Djasamen Saragih, dr Reinhard DJ Hutahaean.

Menurut Reinhard, jasad bayi yang ditemukan tersebut untuk sementara masih disimpan dalam peti pendingin karena kasusnya masih ditangani kepolisian.

Bayi itu, kata dia, memiliki panjang 52 sentimeter dan berat 1,9 kilogram. Pada jasad bayi itu tidak ada ditemukan cacat dan umurnya juga cukup, yaitu 9 bulan.

Sejauh ini, kata Reinhard, pihak rumah sakit masih mengalami kesulitan menguak penyebab kematian bayi malang tersebut.

Sebab, kondisi bayi sudah mulai membusuk saat ditemukan warga.

Untuk menyimpulkan penyebab kematian bayi tersebut, harus lebih dahulu diambil sampel jaringan untuk diperiksa serta diambil darahnya guna dilakukan tes DNA.

"Bayi ini lahir masih dalam hitungan jam sebelum dibuang. Soal penyebab kematian belum bisa ditentukan," kata Reinhard.

"Langkah kita selanjutnya mengambil sampel jaringan untuk diperiksa serta melakukan tes DNA pada darah sehingga baru bisa disimpulkan penyebab dari kematian," tambah dia.(*)

Editor: nandarson
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help