Pilwako Batam 2015

CATAT! Undangan Pemungutan Suara Bagi Pemilih tidak Boleh Ditulis Tangan, Harus Dicetak

Komisi Pemilihan Umun (KPU) Kota Batam mulai mendistribusikan formulir C6 kepada Panitia Pengawas Kecamatan (PPK), Kamis (19/11/2015).

CATAT! Undangan Pemungutan Suara Bagi Pemilih tidak Boleh Ditulis Tangan, Harus Dicetak
tribunnews batam/ian sitanggang
Mangihut Rajaguguk, anggota komisioner bagian logistik KPU Batam menunjukan undangan pemilihan suara atau formulir C6, Kamis (19/11/2015) 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Komisi Pemilihan Umun (KPU) Kota Batam mulai mendistribusikan formulir C6 kepada Panitia Pengawas Kecamatan (PPK), Kamis (19/11/2015).

Selanjutnya, oleh PPK formulir C6 akan dibagikan kepada warga yang memiliki hak pilih.

"Hari ini kita sudah distribusikan formulir C6 kepada PPK di 12 kecamatan yang ada di Kota Batam,"kata Mangihut Rajaguguk, anggota komisioner bagian logistik KPU Batam kepada Tribun Batam, Kamis (19/11)

Dia juga mengatakan, 12 kecamatan yang sudah didistribusikan adalah Kecamatan Batam Kota, Kecamatan Batu Aji, Kecamatan Batu Ampar, Kecamatan Belakang Padang, Kecamatan Bengkong, Kecamatan Bulang, Kecamatan Galang, Kecamatan Lubuk Baja, Kecamatan Nongsa, Kecamatan Sagulung, Kecamatan Sungai Beduk, dan Kecamatan Sekupang.

Pendistribusian dilaksanakan cepat dikarenakan formulir tersebut masih harus dicetak sesuai dengan nama pemilih.

"Jadi model C6 (surat pemberitahuan pemungutan suara kepada pemilih atau biasa disebut undangan kepada warga yang memiliki hak pilih_red), nama yang bersangkutan harus dicetak, tidak bisa ditulis tangan,"kata Mangihut.

Dilanjutkannya, undangan pemilih yang biasanya di tulis tangan, untuk Pilwako ini tidak bisa ditulis tangan alias harus diprint atau dicetak.

"Ini kita lakukan untuk mengantisipasi adanya kecurangan-kecurangan pada saat pemungutan suara,"terangnya.

Dijelaskannya, untuk pelaksanaan pencetakan surat undangan pencoblosan tersebut, KPU sendiri sudah memberikan soft copy kepada seluruh PPK yang tersebar di 12 kecamatan yang ada di Kota Batam.

"PPK, tinggal melaksanakan print out saja. Soft copy nya sudah kita berikan," tegasnya.

Dia juga mengatakan, untuk surat undangan tersebut PPK sudah harus menyelesaikan pembagiannya kepada warga yang memiliki hak pilih sampai H-5, pemilihan.

"Pada H-5 surat undangan tersebut sudah harus selesai dibagaikan kepada warga," jelasnya.

Ditambahkan Manguhut, jika PPK belum selesai juga membagikan surat undangan pada H-5, KPU masih memberikan batas waktu sampai tanggal 8 Desember 2015 sore hari.

"Pada tanggal 9 Desember 2015 pagi, kita dari KPU akan menarik sisa surat undangan dari PPK," lanjutnya

Namun dia juga mengatakan, untuk warga Batam yang sudah memiliki hak pilih, jika belum mendapatkan surat undangan (formulir C6_red) masih tetap bisa melaksanakan pencoblosan pada tanggal 9 Desember 2015 dengan membawa KTP Asli di TPS sesuai dengan alamat yang bersangkutan. (*)

Penulis: Ian Pertanian
Editor: Sri Murni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved