Polres Bintan Siapkan Polwan Cantik Demi Kenyamanan Wisatawan Mancanegara

"Kita melayani dengan hati. Makanya untuk tahap awal kita menurunkan para polwan untuk menjadi polisi Pariwisata,"

Polres Bintan Siapkan Polwan Cantik Demi Kenyamanan Wisatawan Mancanegara
Tribun Batam/Eko Setiawan
Polisi Resort (Polres) Bintan meresmikan Polisi Pariwisata di Kawasan Pariwisata Lagoi, Kabupatan Bintan, Sabtu (28/11/2015) malam 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BINTAN - Polisi Resort (Polres) Bintan meresmikan Polisi Pariwisata di Kawasan Pariwisata Lagoi, Kabupatan Bintan, Sabtu (28/11/2015) malam.

Untuk tahap awal, Polres Bintan menyiagakan para Polwan Cantik untuk menempati Pos tersebut.

Kapolres Bintan AKBP Cornelius Wisnu Adji Pamungkas mengatakan, dirinya memilih para polwan agar para wisatawan tidak takut menghadapi polisi. Karena selama ini, masyarakat seolah takut dengan pihak penegak hukum.

"Kita melayani dengan hati. Makanya untuk tahap awal kita menurunkan para polwan untuk menjadi polisi Pariwisata," sebut Wisnu, usai Lounching Polisi Pariwisata di Lagoi Bay, Bintan.

Sementara tugas untuk Polisi Pariwisata itu dikatakan Wisnu yaitu menjaga kemanan dan gangguan-gangguan yang terjadi dikawasan wisata Lagoi.

"Bisa dikatakan, Pendapatan Asli Daerah (PAD) Bintan sebagian besar disumbangkan dari sektor pariwisata. Maka dari itu, pengamanan dan kenyamanan harus jadi nomor satu," tambahnya.

Karena wisatawan di Lagoi kebanyakan dari mancanegara, para Polwan juga diwajibkan bisa berbahasa Inggris. Walaupun pada umumnya, mereka semua bisa berbahasa inggris, menurut Wisnu akan diberikan kelas kusus untuk para polwan nantinya.

"Rata-rata mereka sudah bisa berbahasa inggris, tetapi kita akan sediakan kelas kursus untuk mereka juga. Agar kerja bisa lebih mantap lagi," tambahnya.

Sebelum dipersiapkan untuk mengemban tugas sebagai polisi pariwisata, mereka sudah menjalani pelatihan di Polres Bintan sebelumnya.

Salah satunya pelatihan bela diri dan mendekatkan diri dengan masyarakat agar saat dilapangan mereka tidak canggung.

"Kita ajarkan juga mereka bela diri. Jago-jago nih semua, kalau mau tes, silahkan berantam sama mereka," sebut Wisnu memuji anak buahnya.(*)

Penulis: Eko Setiawan
Editor: Iman Suryanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved