Kata Wali Kota Tanjungpinang, Pak RT Sekarang Kesulitan Ajak Warga Ikut Gotong Royong

Padahal, nilai gotong-royong adalah identitas bangsa dalam kehidupan bermasyarakat.

Kata Wali Kota Tanjungpinang, Pak RT Sekarang Kesulitan Ajak Warga Ikut Gotong Royong
tribun/mikhwan
Wali Kota Tanjungpinang Lis Darmansyah 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, TANJUNGPINANG - Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah mengatakan, nilai-nilai gotong-royong di tengah masyarakat kini sudah makin pudar.

Padahal, nilai gotong-royong adalah identitas bangsa dalam kehidupan bermasyarakat.

"Masyarakat kini lebih individualis dan tidak mengedepankan kebersamaan, padahal gotong royong adalah identitas bangsa yang harus dijaga," kata Lis Dharmansyah saat membuka Kegiatan Peningkatan Pengembangan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara Tahun 2015, di Tanjungpinang, Senin (30/11/2015).

"Dulunya RT, RW mengumpulkan warga untuk gotong royong itu tidak sulit. Sekarang untuk mengajak masyarakat, harus mendatangi rumah warga satu persatu, agar mereka mau bergotong-royong," katanya dalam acara yang ditaja Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Pemberdayaan Masyarakat (Kesbangpol Panmas) Kota Tanjungpinang itu.

Acara yang berlangsung di Aula Bulang Linggi, Badan Perpustakaan Arsip dan Museum Kota Tanjungpinang, itu diikuti 150 peserta yang terdiri dari berbagai unsur masyarakat di tiap keluarahan se-Kota Tanjungpinang.
Diantaranya anggota Lembaga Swadaya Masyarakat, Organisasi Masyarakat, Pengurus Paguyuban, dan tokoh masyarakat.

Pudarnya nilai-nilai Gotong-Royong kata Lis, juga sebagai pertanda nilai-nilai bela negara dan nasionalisme di masyarakat kian luntur.

Untuk itu, lanjut Lis, peningkatan wawasan kebangsaan dan bela negara penting untuk dilaksanakan.

Melalui kegiatan itu dia berharap agar peserta dapat menjadi pelopor wawasan kebangsaan di masyarakat. Tentunya dimulai dari diri sendiri dan lingkungan keluarga.

“Manfaatkanlah kegiatan ini sebagai forum diskusi dan komunikasi untuk menghasilkan semangat bela negara dan nilai-nilai nasionalisme," kata Lis.

Kepala Badan Kesbangpol Penmas Kota Tanjungpinang Wan Kamar mengatakan dengan kegiatan itu diharapkan dapat meningkatkan rasa cinta tanah air, memahami dan mengamalkan nilai-nilai pancasila dan menghargaan nilai-nilai keartifan lokal.(*)

Penulis: M Ikhwan
Editor: nandrson
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved