Pemkab dan DPRD Anambas Belum Sepaham, APBD 2016 Belum Bisa Disahkan

"Pemerintah terkesan setengah hati bermitra dengan DPRD. Mereka berjalan sendiri, dan legislatif seperti tidak dilibatkan," katanya

Pemkab dan DPRD Anambas Belum Sepaham, APBD 2016 Belum Bisa Disahkan
tribun/septyanmuliarohman
Darussman 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, ANAMBAS - Pembahasan untuk mengesahkan APBD 2016 belum final.

Tim Badan Anggaran (Banggar) DPRD dan TAPD Pemkab Anambas masih belum sepaham untuk menetapkan besaran APBD 2016 itu.

Anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas, Darrusman, mengatakan, belum ada kata sepakat antara DPRD dan Pemkab, karenakan Pemerintah Daerah masih sebatas memberikan asumsi dalam penyusunan anggaran.

"Pemkab memang telah menyampaikan KUA & PPAS. Hanya saja, rincian yang mereka susun masih berupa asumsi yang belum dilandasi dasar hukum seperti Perpres," ujar pria yang akrab disapa Iman ini, Selasa (1/12/2015).

Ditemui usai mengikuti rapat dengan TAPD Pemkab Anambas, politisi Partai Bulan Bintang (PBB) ini tidak ingin dalam menyusun dan menyetujui APBD 2016, kembali defisit seperti APBD sebelumnya.

Situasi itu terjadi karena asumsi yang lebih besar daripada pendapatan riil.

"Bicara anggaran ini kan harus jelas. Pemerintah terkesan setengah hati bermitra dengan DPRD. Mereka berjalan sendiri, dan legislatif seperti tidak dilibatkan," terangnya.

Iman pun bingung ketika dalam rapat, Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas mengajak kepada DPRD membentuk tim agar mempertanyakan besaran Dana Bagi Hasil (DBH) Migas yang turun drastis tahun 2016.

"Dalam rapat tadi ada ajakan seperti itu. Nah, ini yang kami pertanyakan. Kenapa baru sekarang hal ini disampaikan. Kenapa tidak dari awal-awal," katanya.(*)

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: nandrson
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved