Pilkada Kepri 2015

Apa Saja Pelanggaran Saat Pilkada Serentak Kemarin? Ini Catatan Bawaslu

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mencatat sejumlah pelanggaran yang terjadi pada penyelenggaraan pilkada serentak, Rabu (9/12/2015).

Apa Saja Pelanggaran Saat Pilkada Serentak Kemarin? Ini Catatan Bawaslu
tribunnews batam/thomm
Penghitungan suara di TPS 03 pada RT 1/RW 2 Kampung Baru Tanjungpinang dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kepri, Rabu (9/12/2015). 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mencatat sejumlah pelanggaran yang terjadi pada penyelenggaraan pilkada serentak, Rabu (9/12/2015).

Hal itu terkait persoalan logistik hingga akurasi data pemilih.

Berdasarkan laporan Bawaslu Provinsi dan Tim Supervisi Bawaslu RI, ditemukan sejumlah tren permasalahan logistik, di antaranya masih ditemukan adanya kotak suara yang tidak tersegel, adanya kekurangan surat suara di sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan adanya perusakan surat suara oleh oknum tertentu.

Sedikitnya, tercatat 14 daerah yang kekurangan surat suara, salah satunya adalah di Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan.

"Terdapat kekuarangan surat suara, namun KPU tidak mau melakukan penambahan sehingga proses pemungutan suara terhenti," demikian laporan Bawaslu yang diterima Kompas.com, Kamis (10/12/2015).

Sementara itu, Bawaslu juga mencatat sejumlah praktik politik uang pada pilkada serentak.

Tren permasalahan secara umum, menurut pantauan Bawaslu, adalah dugaan keterlibatan penyelenggara pemilu, baik jajaran KPU maupun jajaran pengawas pemilu.

Selain itu, money politic untuk mendukung salah satu pasangan calon.

Tren lainnya adalah pembagian uang yang dilakukan oleh tim sukses pasangan calon, Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS), Panitia Pengawas Kecamatan, Anggota DPRD, dan Aparat Desa.

Adapun salah satu contoh praktik politik uang yang dilakukan oleh anggota DPRD terjadi di Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau.

Halaman
12
Editor: Sri Murni
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved