Mobil Dinas di Tanjungpinang Akan Bayar Parkir Bulanan

Penerapan parkir bulanan tersebut direncanakan sebagai awal dari pemberlakukan parkir sistem karcis dan stiker di Kota Tanjungpinang.

Mobil Dinas di Tanjungpinang Akan Bayar Parkir Bulanan
tribunnews batam/ian sitanggang
dok-ilustrasi Sejumlah mobil plat merah diparkiran 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, TANJUNGPINANG - Walikota Tanjungpinang Lis Darmansyah berencana melakukan penerapan parkir bulanan untuk kendaraan dinas atau plat merah di lingkungan Pemerintah Kota Tanjungpinang.

Penerapan parkir bulanan tersebut direncanakan sebagai awal dari pemberlakukan parkir sistem karcis dan stiker di Kota Tanjungpinang.

"Untuk tahap awal kita terapkan di lingkungan kita dulu," kata Lis.

Namun Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishub Kominfo) Kota Tanjungpinang Wan Samsi mengatakan sampai saat ini, belum bisa diterapkan parkir sistem karcis dan stiker.

Karena peraturan daerah (Perda) tentang Perparkiran yang sudah disahkan pertengahan tahun lalu, informasinya masih dikonsultasikan ke kementrian oleh Bagian Hukum Sekretariat Daerah Provinsi Kepulauan Riau.

Padahal Perda tersebutlah yang nantinya menjadi dasar hukum penerapan parkir dengan menggunakan sistem karcis dan stiker untuk parkir bulanan dan tahunan.

Pihak Dishub sendiri mendesak Biro Hukum Provinsi Kepri untuk segera menyelesaikan koreksi Peraturan Daerah (Perda) Perparkiran Kota Tanjungpinang.

"Kita tak bisa berbuat apa-apa tanpa Perda Perparkiran itu itu. Karena sampai sekarang Perda tersebut belum selesai masih di Provinsi," kata Wan Samsi beberapa waktu lalu.

Menurutnya tanpa dasar Perda tersebut, pihaknya tidak bisa menerapkan pembayaran sistem karcis dan stiker.

Akibatnya sampai saat ini pemungutan retribusi parkir belum bisa maksimal. Karena sistem yang digunakan masih sistem lama atau sistem blok.

"Kalau sudah ada Perda, kita akan langsung gunakan sistem karcis dan stiker. Jadi tahu berapa jumlah kendaraan yang parkir. Nanti kita minta pemilik kendaraan tak usah bayar kalau tidak dikasi karcis oleh juru parkir," katanya.(*)

Penulis: M Ikhwan
Editor: Iman Suryanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved