Pilkada Kepri 2015

Partisipasi Pemilih Disabilitas di Pilkada 2015 Kepri Dapat 'Acungan Jempol'

partisipasi pemilih disabilitas atau penyandang cacat di wilayah Kabupaten Karimun yang terbilang cukup antusias.

Partisipasi Pemilih Disabilitas di Pilkada 2015 Kepri Dapat 'Acungan Jempol'
Istimewa
Penyandang Disabilitas saat menggunakan hak suaranya di Pilkada 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, KARIMUN - Meski pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2015 disejumlah daerah terbilang sukses di beberapa wilayah Kepri, namun sejumlah catatan penting juga mewarnai.

Satu diantaranya partisipasi pemilih disabilitas atau penyandang cacat di wilayah Kabupaten Karimun yang terbilang cukup antusias.

Berdasarkan catatan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karimun jumlah pemilih disabilitas yang terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 73 orang.

Dari jumlah tersebut, lebih dari 50 persen atau 45 pemilih disabilitas menggunakan hak suaranya.

“Jumlah pemilih disabilitas tercatat sebanyak 73 orang dan yang menggunakan hak pilihnya sebanyak 45 orang atau lebih dari 50 persen,” ujar Ketua komisi pemilihan umum (KPU) Kabupaten Karimun, Ahmad Sulton.

Meski begitu, Gerakan Pemuda (GP) Anshor Kabupaten Karimun tetap menyarankan KPU pada pilkada-pilkada berikutnya untuk meningkatkan atau minimal mempertahankan nilai positif atas tingginya partisipasi pemilih disabilitas tersebut.

Diantaranya memberikan akses dan pelayanan agar pemilih disabilitas bisa menggunakan hak pilihnya sesuai dengan hati nurani mereka.

“Sosialisasi kali ya, tapi sosialisasi di sini tidak hanya sebatas memperkenalkan kandidat tapi juga visi dan misinya para kandidat perlu juga disampaikan kepada mereka, sehingga mereka bisa memilih sesuai dengan hati nurani mereka. Partai dan kandidat juga diminta untuk lebih aktif memperhatikan mereka, tidak hanya pada masa kampanye tapi menjaga kepentingan mereka,” kata Ketua GP Anshor Karimun, Muhammad Sabri.

Pemilih disabilitas di Kabupaten Karimun hampir merata ada di 12 kecamatan. Kecamatan Durai sebanyak 13 orang, menyalurkan hak pilihnya delapan orang.

Kecamatan Karimun 11 orang dan semuanya bisa menyalurkan hak pilih mereka. Kundur 5 menyalurkan 2 orang, Kundur Barat 4 menyalurkan 4, Kundur Utara 17 orang menyalurkan 6, Meral nol, Meral Barat 1, Moro 11 menyalurkan 7, Tebing 8 menyalurkan 3, Ungar nol dan Belat 1. (*)

Penulis: Rachta Yahya
Editor: Iman Suryanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved