DPRD Batam Sepakat Pengesahan APBD 2016 Sesuai Jadwal Banmus

Banmus sudah menetapkan tanggal 30 Desember 2015 untuk mengesahkan APBD Batam 2016 tersebut

DPRD Batam Sepakat Pengesahan APBD 2016 Sesuai Jadwal Banmus
TRIBUN BATAM/ARGIANTO DA NUGROHO
Anggota DPRD Kota Batam mendengarkan pandangan sejumlah fraksi terkait rancangan perubahan APBD Kota Batam tahun anggaran 2015 saat sidang paripurna di Gedung DPRD Kota Batam, Kamis (17/9/2015). 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Fraksi-fraksi di DPRD Kota Batam sepakat agar pengesahan ‎Rancangan Peraturan Daerah Kota Batam Tentang APBD Kota Batam Tahun Anggaran 2016 dilaksanakan sesuai jadwal dari badan musyawarah (Banmus).

Banmus sudah menetapkan tanggal 30 Desember 2015 untuk mengesahkan APBD 2016 tersebut.

Kesepakatan itu terangkum saat sidang paripurna penyampaian Tanggapan dan/atau Jawaban Wali Kota Batam terhadap Pemandangan Umum Fraksi Atas Rancangan Peraturan Daerah Kota Batam Tentang APBD Kota Batam Tahun Anggaran 2016, Rabu (23/12) siang.

Padahal sebelumnya, usai Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan menyampaikan pandangannya, dua anggota dewan dari fraksi PAN dan Partai Hanura sempat menginterupsi sidang.

Ketua Fraksi PAN, Yudi Kurnain‎ dan anggota fraksi Partai Hanura, Jefry Simanjuntak, meminta pengesahan APBD 2016 secepat mungkin dilakukan.

"Kami mengusulkan supaya pengesahan ini disegerakan, karena menyangkut segala urusan di tahun mendatang," ucap Yudi saat itu.

‎Begitu juga Jefry yang mengingatkan bahwa jika APBD tidak segera disahkan, maka akan berdampak pada setiap kegiatan baik di Pemko Batam serta DPRD Batam sendiri.

"‎Paripurna tempat tertinggi dari semua alat kelengkapan di DPRD, maka saya mengusulkan karena APBD ini menyangkut pembangunan, akan sangat berdampak apabila tidak segera disahkan. Saya usulkan ke teman-teman, sesegeralah kita menyelesaikan pembahasan, termasuk di komisi III. Saya jugakan ada di sana," ucap Jefry.

Jefry ‎mencontohkan salah satu kegiatan yang mungkin terpengaruh akibat lambatnya pengesahan APBD 2016 seperti pengangkutan sampah.

"Beberapa kegiatan pasti akan berdampak, katakanlah nanti kita dan masyarakat akan mulai melihat sampah-sampah itu tidak akan diangkut," kata Jefry.

Adanya usulan tersebut, Wakil Ketua II DPRD Batam, Zainal Abidin langsung memanggil semua ketua fraksi untuk melakukan lobi-lobi.

Setelah beberapa menit, akhirnya diputuskan pengesahan RAPBD 2016 mengikuti jadwal Banmus.

"Kita sepakati bersama, tetap ikut sesuai jadwal Banmus," ujar Zainal Abidin.

Wali kota Batam, Ahmad Dahlan mengaku setuju jika pengesahan paling lama dilaksanakan sesuai jadwal Banmus.

"‎Membahas anggaran ini kan sudah kerjaan rutin. Inikan hanya karena ada aturan yang mengharuskan kedua lembaga ini membahasnya bersama-sama, kalau sudah ditetapkan tanggal 30 yah kita ikuti saja," kata Dahlan.(*)

Penulis: Anne Maria
Editor: nandrson
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved