Capaian Target Wisman Tanjungpinang 2015 Turun

Target 105 ribu wisatawan mancanegara (wisman) ke Tanjungpinang pada tahun 2015 oleh Kementrian Pariwisata, tidak tercapai.

Capaian Target Wisman Tanjungpinang 2015 Turun
tribunnews batam/m ikhsan
Para wisman berfoto bersama warga Natuna saat kapal yacht yang mengikuti Malaysia Sail singgah di perairan Natuna, Minggu (31/5/2015) pagi. 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, TANJUNGPINANG- Target 105 ribu wisatawan mancanegara (wisman) ke Tanjungpinang pada tahun 2015 oleh Kementrian Pariwisata, tidak tercapai.

Bahkan bila dibandingkan tahun lalu, capaian target tersebut diperkirakan menurun.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Tanjungpinang Juramadi Esram menyampaikan hal tersebut, baru-baru ini.

Menurutnya, menurunnya kunjungan wisatawan mencanegara ini dipengaruhi beberapa hal diantaranya karena adanya defisit anggaran.

"Jumlah wisatawan mencanegara 2015 kemungkinan besar menurun. Defisit anggaran ini terbawa kemana-mana. Karena memang di Tanjungpinang di beberapa sektor masih digerakkan oleh APBD, termasuk sektor wisata," katanya, belum lama ini.

Meskipun menurun, namun dia belum mengetahui angka pasti berapa jumlah pasti penurunan tersebut karena data hingga Desember belum direkap semua.

Namun, sebelumnya dia mengatakan sampai pada bulan oktober 2015 kunjungan Wisman turun sekitar 7 persen jika dibandingkan tahun sebelumnya pada priode yang sama.

"Hingga Oktober mencapai 75 ribu wisman. Tapi, dibandingkan tahun kemarin kita mencapai 80 ribu,” katanya.

Selain faktor difisit anggaran, penurunan juga dipengaruhi adanya beberapa faktor lain seperti bencana kabut asap yang menyelimuti Kota Tanjungpinang beberapa waktu lalu.

Selain itu, kata Juramadi faktor berkurangnya jadwal kapal dari Malaysia dan Singapura ke Tanjungpinang juga mempengaruhi kunjungan wisman ke Tanjungpinang.

Selain itu, katanya, objek wisata di Kota Tanjungpinang juga harus dibenahi secara keseluruhan. Sehingga tujuan wisman ke Tanjungpinang berkesan.

“Selain itu, hotel-hotel dan fasilitas lainnya juga kedepan akan kita minta untuk dibenahi,” tuturnya.

Juramadi juga menuturkan, Tanjungpinang sangat berbeda dibandingkan dengan Batam.

Di Batam, pemerintah tidak terlalu dibebani dengan target tersebut. Sebab, semua fasilitas dan objek wisata sudah tersedia. (*)

Penulis: M Ikhwan
Editor: Sri Murni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved