DPRD Anambas Ingatkan Pemkab Siap Untuk Operasional Bandara Jemaja

"Pembangunan bandara memang terus dilakukan, namun perlu diperhatikan juga persiapan operasional bandara," ujar Yulius

DPRD Anambas Ingatkan Pemkab Siap Untuk Operasional Bandara Jemaja
tribun/septyan mulai rohman
Pembangunan sisi darat Bandara di Jemaja yang masih dalam proses pengerjaan. 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, ANAMBAS -  Anggota DPRD Kabupaten Anambas, Yulius, mengingatkan pemerintah Kabupaten Anambas untuk memperhatikan faktor-faktor terkait operasional bandara, setelah pembangunan bandara di Pulau Jemaja mendekati selesai.

Menurut Yulius, faktor-faktor yang memengaruhi operasional harus disiapkan, sehingga ketika bandara ini benar-benar siap dioperasikan, tidak ada kendala berarti.

"Pembangunan bandara memang terus dilakukan, namun perlu diperhatikan juga persiapan operasional bandara," ujar Yulius, Minggu (3/1/2016).

Yulius berharap, bandara yang dibangun sejak 2013 dan sudah menghabiskan biaya yang tidak sedikit itu, bisa beroperasi dengan baik.

"Jangan sampai nanti ada anggapan kita tidak serius membangun bandara ini, hanya karena persiapan operasional terabaikan," katanya.

Proyek yang sudah dimulai sejak 2013 ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Gubernur Kepri saat itu, HM Sani.

Proyek ini dibiayai APBD Provinsi dan Kabupaten Anambas untuk pembangunan sisi darat, sementara sisi udara (landasan pacu) dana pembangunannya bersumber pada APBN.

Terkait operasional bandara, Penjabat Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Eko Sumbaryadi dalam rapat paripurna pandangan umum fraksi DPRD RAPBD 2016, mengatakan operasioanal bandara sudah dipersiapkan Pemkab melalui instansi terkaitnya dalam hal ini Dinas Perhubungan.

Adapun pengerjaan terkait sisi darat, saat ini menjadi prioritas yang pembangunnannya bersumber dari APBD Kabupaten dan APBD Provinsi.

"Tidak hanya itu, pembangunan sisi udara juga menjadi salahsatu hal penting. Hal ini dibuktikan dengan perpanjangan 400 meter runway yang rencananya akan dilakukan tahun 2016," katanya.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kepulauan Anambas Masykur, optimis Bandara Jemaja beroperasi tahun 2016.

Beroperasinya bandara Letung menurutnya tidak lepas dari sejumlah persyaratan keselamatan seperti tower, navigasi dan kelengkapan keselamatan penerbangan lainnya.

Bandara ini akan mulai beroperasi setelah melewati proses verifikasi Direktorat Bandar Udara Kementerian Perhubungan. Selain sarana pendukung, kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) juga sudah disiapkan, di antaranya dengan menyekolahkan beberapa putra-putri di perguruan tinggi di Jakarta.(*)

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: nandarson
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help