Peringatan HUT ke-53 Kowal di Kepri Meriah

Semoga Kowal tetap jaya dan selalu mampu memberikan kontribusi terbaik bagi TNI, TNI Angkatan Laut, Bangsa dan Negara

Peringatan HUT ke-53 Kowal di Kepri Meriah - peringatan-hut-kowal-di-tanjungpinang_20160105_103944.jpg
Istimewa
Peringatan HuT Kowal di Tanjungpinang
Peringatan HUT ke-53 Kowal di Kepri Meriah - peringatan-hut-kowal-di-tanjungpinang1_20160105_104031.jpg
Istimewa
Peringatan HuT Kowal di Tanjungpinang
Peringatan HUT ke-53 Kowal di Kepri Meriah - peringatan-hut-kowal-di-tanjungpinang4_20160105_104404.jpg
Istimewa
Peringatan HuT Kowal di Tanjungpinang

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, TANJUNGPINANG - Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) melaksanakan upacara militer untuk memperingati hari ulang tahunnya ke-53 di Markas Komando Lantamal IV jalan Yon Sudarso Nomor 1 Batu Hitam Tanjungpinang, Kepri, Selasa(5/1/20156).

Pada kesempatan tersebut, bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IV Laksamana Pertama TNI Sulistiyanto, S.E., M.M., M.Sc. dan selaku Komandan Upacara adalah Mayor Laut (K/W) Rostini.

Kowal memperingati HUT ke-53 tepatnya pada tanggal 5 Januari 2016, dengan mengangkat tema “Prajurit Hebat dan Bermartabat” yang mengandung makna jati diri prajurit Kowal sebagai wanita Indonesia yang harus menjunjung tinggi martabat dan harga diri dengan senantiasa mengedepankan nilai-nilai kesatuan, keluwesan dan kesahajaan tanpa meninggalkan keberanian, kejujuran dan keterbukaan.

Upacara ini merupakan puncak acara dengan tujuan mengenang kembali sejarah kelahirannya.

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) dalam amanatnya yang dibacakan oleh Irup mengatakan bahwa seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi TNI AL telah memberikan kesempatan yang luas bagi anggota Kowal untuk mengikuti pendidikan di dalam maupun di luar negeri untuk meningkatkan profesionalisme dan kemampuan yang dipersyaratkan bagi organisasi.

Dalam meniti karier, prajurit wanita juga diberikan kesempatan yang sama dengan prajurit pria sesuai dengan kompetensi dalam bidang penugasan, salah satunya adalah penugasan Kowal sebagai ABK KRI berjenis Landing Platform Dock.

"Dengan segala keterbatasan yang dihadapi Kowal harus mampu dengan sigap dan tangkas serta dapat menjalin kerjasama yang solid dengan anak buah kapal," jelasnya dalam rilis yang diterima Tribun Batam.

Dikatakan pula bahwa berkaitan dengan pembinaan personel Kowal, mulai tahun 2013 telah dilaksanakan penerimaan Taruni Akademi Angkatan Laut, hal ini merupakan bentuk komitmen pemimpin TNI Angkatan Laut dalam memberikan kesempatan yang sama bagi prajurit Kowal dalam meniti karier sebagai calon Perwira.

Diakhir amanatnya Kasal berpesan kepada segenap prajurit Kowal agar dibalik semua kiprah dan keberhasilan yang telah dicapai hendaknya Kowal tidak melupakan kodratnya sebagai seorang wanita.

Dalam kehidupan berumahtangga, Kowal harus mampu menjadi istri pendamping suami juga menjadi ibu rumah tangga sekaligus sebagai pendidik pertama dan utama bagi putra putrinya agar menjadi generasi muda yang berguna bagi bangsa dan Negara.

Seiring dengan berjalannya waktu dan perjalanan pengabdian prajurit Kowal berlanjut dengan segala dinamikanya.

Kowal telah membuktikan pengabdiannya dengan baik, di antaranya keikutsertaannya dalam misi perdamaian dunia yang tergabung di pasukan UNIFIL (United Nations Interim Force In Lebanon) dan MONUC (Mission The Lorganisation Des Nations Unies En Congo).

Dengan motto “Pengabdian dan Kehormatan adalah Jiwaku” serta slogan “Semangat Baru TNI AL”, maka semangat pengabdian Kowal kepada Negara dan bangsa tidak akan pernah pudar dalam rangka menuju TNI AL kelas dunia.

Semoga Kowal tetap jaya dan selalu mampu memberikan kontribusi terbaik bagi TNI, TNI Angkatan Laut, Bangsa dan Negara.

Setelah pelaksanaan upacara, acara dilanjutkan dengan acara teleconfrence antara Kasal dengan Danlantamal IV yang didampingi oleh Karumkital dr. Mediyato Suratani dan perwakilan prajurit Kowal wilayah Kepri.

Rangkaian acara HUT ke-53 Kowal wilayah Kepri diakhiri dengan acara  ramah tamah yang dihadiri oleh Wadan Lantamal IV Kolonel Laut (P) Guntur Wahyudi, Karumkital dr. Mediyato Suratani, para Asisten  Danlantamal IV, para Danlanal Jajaran Lantamal IV, Kafasharkan Mentigi, Danwing Udara 2, Danlanudal Tanjungpinang, deputasi Pamen, Pama, Bintara dan Tamtama serta ASN Mako Lantamal IV. (*/Dispen Lantamal IV).

Penulis: Iman Suryanto
Editor: Iman Suryanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help