Ledakan di Depan Sarinah Thamrin

Pasca Serangan Teroris di Jakarta, Sekuriti di Batam akan Ikuti Pelatihan Dasar Penjinakan Bom

Pasca serangan bom di Sarinah, Jakarta, pengamanan hampir di seluruh daerah di Indonesia telah dinaikan statusnya, tidak terkecuali Batam.

Pasca Serangan Teroris di Jakarta, Sekuriti di Batam akan Ikuti Pelatihan Dasar Penjinakan Bom
tribun batam
Ilustrasi penjinakan bom 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM- ‎Pasca serangan bom di Sarinah, Jakarta, pengamanan hampir di seluruh daerah di Indonesia telah dinaikan statusnya.

Tak terkecuali Kota Batam yang naik status menjadi siaga satu.

Selain anggota kepolisian yang terus berjaga-jaga di beberapa objek vital, kewaspadaan pun diharapkan datang dari pihak-pihak lain, seperti sekuriti, RT/RW, tak terkecuali masyarakat.

Ketua DPC Asosiasi Profesi Sekuriti Indonesia (APSI) Batam, Harmidi, mengatakan sekuriti-sekurit akan mendapatkan pelatihan-pelatihan dasar penjinakan bom, bekerjasama dengan Polda Kepri dan Polresta Barelang.

"Kepolisian inikan terbatas juga personilnya, maka perlu dukungan yang lain, termasuk sekuriti. Kemarin kita sudah dikumpulkan di Polda Kepri untuk mendapatkan pelatihan-pelatihan dasar, termasuk langkah-langka apa yang perlu dilakukan sekuriti seandainya ada yang dicurigai," ujar Harmidi.

‎Menurut pria yang juga anggota komisi I DPRD kota Batam itu, keberadaan sekuriti dan petugas pengamanan lain termasuk Ditpam, Satpol PP sangat penting peranannya dalam menjaga potensi ancaman bom di Batam.

Apalagi, di sini cukup banyak perusahaan-perusahaan asing.

"Kita mengimbau juga kepada rekan sekuriti yang bertugas di objek-objek vital seperti kawasan industri, pelabuhan-pelabuhan, bandara, dan lainnya untuk meningkatkan kewaspadaannya," ujar Harmidi.

Selain itu, ia pun mengimbau kepada Pemko Batam, khususnya camat dan lurah untuk membangun komunikasi dengan RT/RW ‎untuk mewaspadai lingkungan masyarakat dari ancaman gerakan teroris.

"Kita belum tahu siapa pelakunya, namun yang namanya teroris itu, sebelum melakukan teror biasanya berdomisili dulu di satu kawasan di tengah-tengah masyarakat. Jadi penting buat camat dan lurah juga berkoordinasi dengan perangkat warga terbawah untuk memberikan pemahaman kepada warga," tutur Harmidi.

Halaman
12
Penulis: Anne Maria
Editor: Sri Murni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help