Public Service

Bagaimana Aturan Hukum Jika Pohon Tetangga Tumbang dan Menimpahi Teras Rumah Saya?

Saya ingin bertanya mengenai hukum yang mengatur pohon tumbang dan menimpa tetangga sebelahnya. Apakah saya harus menuntut ganti rugi kepadanya?

Bagaimana Aturan Hukum Jika Pohon Tetangga Tumbang dan Menimpahi Teras Rumah Saya?
Tribun Batam
Ilustrasi pohon tumbang. 

Pertanyaan:

Selamat pagi Tribun Batam. Saya ingin bertanya mengenai hukum yang mengatur pohon tumbang dan menimpa tetangga sebelahnya. Saya memiliki rumah dan tetangga sebelah memiliki pohon mangga di area teras depan rumahnya. Dulu pernah diingatkan agar menebang pohon karena cukup membahayakan. Sekarang pohonnya sudah tumbang dan menimpa teras depan saya. Apakah saya harus menuntut ganti rugi kepadanya atau bagaimana?

Pengirim: +628 11965xxxx

Diancam Hukuman Pidana

Jawaban:

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Dari sisi hukum pidana, perbuatan merusak seperti itu jika dilakukan dengan sengaja diatur dalam pasal 200 angka 1 Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP).

Barang siapa dengan sengaja membinasakan atau merusakkan sesuatu rumah (gedung) atau bangunan-bangunan diancam dengan pidana penjara paling lama dua belas tahun, jika karena perbuatan itu timbul bahaya umum bagi barang.

Apabila perbuatan tetangga menanam pohon di teras rumah sehingga merusak barang di dalam halaman rumah Anda dan dilakukan dengan tidak sengaja, kurang hati-hati, atau alpa maka ancaman pidananya terdapat dalam pasal 201 angka 1 KUHP.

Barang siapa karena kesalahannya, sesuatu rumah (gedung) atau bangunan-bangunan jadi binasa atau rusak, diancam dengan pidana penjara paling lama empat bulan dua minggu.

Oleh sebab barang-barang Anda yang tertimpa pagar terdapat di halaman rumah yang merupakan bagian dari bangunan rumah, maka menurut analisis kami, perbuatan tetangga bisa dikenakan pasal di atas.

Yaitu perusakan rumah (gedung) yang menimbulkan bahaya bagi barang dan keselamatan jiwa.

Untuk itu, jika terjadi demikian, Anda bisa meminta tetangga untuk melakukan perbaikan dan penggantian atas kerusakan tersebut.

Wirlisman, SH

Praktisi Hukum Batam

Penulis: Leo Halawa
Editor: Sri Murni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved